Edisi Cetak

Berilah Nama yang Baik

HENDAKNYA memberi nama atau tasmiyah dilakukan pada saat aqiqah, yaitu menyembelih dua ekor kambing untuk anak lelaki dan seekor kambing

Berilah Nama yang Baik
NET
PROSESI tasmiyah dan aqiqah. 

HENDAKNYA memberi nama atau tasmiyah dilakukan pada saat aqiqah, yaitu menyembelih dua ekor kambing untuk anak lelaki dan seekor kambing untuk anak perempuan. Seperti hadis Nabi Muhammad SAW diriwayatkan An-Nasaa’i. “Setiap anak tergadai dengan (tebusan) akikahnya (seekor atau dua ekor kambing) yang disembelih pada umur tujuh hari dan dicukur rambut kepalanya (sebagian atau seluruhnya) dan diberi nama.”

Nabi Muhammad SAW memerintahkan agar para orangtua memberi nama anaknya dengan nama yang baik. Seseorang datang kepada Nabi Muhammad SAW lalu bertanya. ”Ya Rasulullah, apa hak anakku ini?” Nabi SAW menjawab. “Memberinya nama yang baik, mendidik adab yang baik, dan memberinya kedudukan yang baik (dalam hatimu).” (HR Aththusi).

Nabi juga pernah mengubah nama yang artinya buruk, Barrah, menjadi Zainab. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Semula nama Zainab adalah Barrah. Orang mengatakan, ia membersihkan dirinya. Lalu Rasulullah SAW memberinya nama Zainab.” (Shahih Muslim No 3.990).

Sementara itu, dari Anas bin Malik RA, ia berkata, “Seseorang menyapa temannya di Baqi: Hai Abul Qasim! Rasulullah SAW berpaling kepada si penyapa. Orang itu segera berkata: Ya Rasulullah SAW, aku tidak bermaksud memanggilmu. Yang kupanggil adalah si Fulan. Rasulullah SAW bersabda: Kalian boleh memberi nama dengan namaku, tapi jangan memberikan julukan dengan julukanku.” (Shahih Muslim No 3974).

Sebaliknya, Nabi menganjurkan agar kita memberi nama anak dengan nama Nabi, yaitu Muhammad. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: Abul Qasim, Rasulullah SAW bersabda: Berikanlah nama dengan namaku, tetapi jangan memberikan julukan dengan julukanku. (Shahih Muslim No 3981). (syaiful anwar-m royan n)

Editor: Sudi
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved