Edisi Cetak

Pusat Pembinaan Tilawatil Quran

BERADA persis di tepi jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Tabalong dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), membuat Masjid Jami Nurul Yaqin

Pusat Pembinaan Tilawatil Quran
BANJARMASIN POST GROUP/DONY USMAN
MASJID Jami Nurul Yaqin yang kubahnya ala Masjid Madinah. 

BERADA persis di tepi jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Tabalong dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), membuat Masjid Jami Nurul Yaqin menjadi tempat yang kerap dipilih pengendara untuk singgah melaksanakan salat.

Seperti Selasa (1/4) sore, beberapa pengendara yang menggunakan mobil dan sepeda motor mampir untuk menunaikan salat Ashar di masjid yang berada di Desa Sungai Rukam 1 RT 4, Kecamatan Pugaan, Tabalong, ini.

Meski renovasi terhadap tempat ibadah ini, yang pada 1930-an hanya berupa sebuah musala, baru mencapai 80 persen, namun tak mengganggu kekhusyukan jemaah untuk beribadah.

Itu dikarenakan, bagian utama masjid dan fasilitas untuk beribadah sudah cukup mendukung bagi jemaah yang akan melaksanakan salat atau beritikaf.

“Awalnya ini musala. Lalu pada 1960, dijadikan masjid. Konstruksinya dari kayu dengan luas 14x16 meter,” papar Muhktar, Ketua Umum Pengurus Masjid Nurul Yaqin.

Perubahan bangunan kemudian dilakukan lagi saat 1980. Kali itu, bangunan yang semula berbahan kayu diganti menjadi beton.

Posisinya masih belum dipindah, tetap berada di tanah yang kini jadi halaman masjid yang dinami Nurul Yaqin. Semua dilaksanakan setelah urun rembuk beberapa tokoh agama.

Perombakan total baru dilakukan dengan memindahkan posisi bangunan agak mundur ke belakang atau persis di batas belakang bangunan awal, pada 5 November 2003.

Setelah 2003, dilakukan pemancangan tiang pertama. Kemudian, luas masjid menjadi 25x25 meter dengan kubah ala Madinah. Dan mulai digunakan pada 2010 dengan perkembangan renovasi baru mencapai 60 persen.

“Sekarang mungkin sudah mencapai 80 persen pembangunannya,” imbuh Muhktar. didampingi kaum, H Ikhsan Ash’ari, serta pengajar tilawah mingguan, Juhran.

Halaman
12
Editor: Sudi
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved