Breaking News:

Masjid Abu al-Abbas al-Mursi, Keagungan Seni Mamluk

Penanda khusus lainnya yang tersaji dari masjid ini adalah hadirnya motif-motif dekoratif yang menghiasi hampir setiap sudut bangunan.

Masjid Abu al-Abbas al-Mursi, Keagungan Seni Mamluk
Wikipedia.org
Masjid Abu al-Abbas al-Mursi, Aleksandria, Mesir

SERAMBIUMMAH.COM - Penanda khusus lainnya yang tersaji dari masjid ini adalah hadirnya motif-motif dekoratif yang menghiasi hampir setiap sudut bangunan. Bentuk geometris ini terlihat cukup rumit dan detail.

“Ciri khas gaya Mamluk adalah motif dekorasi yang dikenal sebagai Mamluk Star atau Mamluk Rose, yaitu motif bintang yang saling berkait. Motif ini hampir selalu ada di setiap bangunan yang ada di Mesir,” tulis David Cahyo Herwinaldo dalam artikelnya yang mengulas tentang arsitektur Mamluk.

Gaya Mamluk
Dalam buku Architecture and Mathematics disebutkan juga gaya Mamluk kerap kali menghadirkan bentuk geometris yang selalu berulang. Lalu, kerap juga bentuk ornamen yang dihadirkan di desain gaya Mamluk ini memiliki hubungan topologi terhadap ruang maupun aspek pembentuknya.

Hal ini begitu gamblang terlihat ketika sudah berada di bagian dalam masjid. Hampir di setiap sudut terlihat adanya pengulangan bentuk geometri yang memberikan kesan megah sekaligus indah.

Di bagian dalam ini, pandangan mata akan disedot pada dua bagian yang tampak vital. Saat mendongak ke langit-langit masjid, akan terlihat adanya sebuah kemegahan dan keagungan yang disajikan dalam masjid ini. Sisi kemegahan ini tersaji dengan hadirnya lampu kristal yang digantung, tepat di bagian bawah kubah.

Di bagian kubah interior juga dihiasi oleh bentuk geometris yang berulang. Lalu, di bagian bagian kubah itu disusun pula bentuk-bentuk berupa cekungan kecil yang ditata secara apik mengikuti bentuk lingkaran bangunan utamanya.

Langit-langit yang tinggi itu juga dikemas menjadi menarik dengan hadirnya deretan tiang-tiang berbentuk heksagonal berukuran besar. Tiang-tiang ini menjadi penopang yang kokoh di dalam masjid.

Lantas, pada bagian lainnya, pandangan mata bisa tersedot untuk melihat bentuk mimbar. Material pembuat mimbar ini sama dengan yang membentuk pintu dan jendela masjid.

Bahannya terbuat dari kayu jati dan pohon kenari. Di sana diberikan ukiran yang begitu detail. Bagian mimbar ini dihiasi pula dengan ukiran kaligrafi bertuliskan syahadatain. (rol)

Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved