Edisi Cetak

Dapat Rp 1 Miliar

KETUA Lembaga Adat Ade Ogie Pagatan, Burhansyah, mengatakan peran pemerintah cukup besar dalam upacara

Dapat Rp 1 Miliar
Twitter
Pesta Adat Tahunan Mapanretasi 

KETUA Lembaga Adat Ade Ogie Pagatan, Burhansyah, mengatakan peran pemerintah cukup besar dalam upacara adat tradisi tersebut.

“Bahkan, Pemerintah Kabupaten Tanahbumbu meminjamkan ratusan tenda kerucut yang bentuknya seragam,” ujarnya.

Lembaga Adat Ade Ogie, kata Burhansyah, dipercaya mengelola sewa tenda tersebut. “Nantinya dana sewa yang terhimpun untuk kemajuan dan perubahan pelaksanaan upacara Mappanretasi agar semakin dilirik pemerintah pusat sehingga mendapat bantuan dana APBN,” ujarnya.

Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Tanahbumbu, Rooswandi Salem, membenarkan pemkab  meminjamkan ratusan tenda untuk dikelola tim tujuh, yang dikoordinatori Lembaga Adat Ade Ogie Pagatan.

“Pelaksanaan Mappanretasi tahun ini akan semakin tertata rapi dan berbeda jauh dari perayaan tahun sebelumnya,” ujarnya.Pemkab Tanahbumbu, kata Rooswandi, menggelontorkan dana hibah kepada Lembaga Adat Ade Ogie senilai Rp 1 miliar. “Dana ini berasal dari APBD Kabupaten Tanahbumbu,” ujarnya.

Rooswandi berkeinginan ada rekayasa budaya dalam pelaksanaan Mappanretasi tersebut. “Tujuan rekayasa budaya itu untuk memberi kesan mendalam bagi para pengunjung Mappanretasi, sehingga tahun berikutnya diharapkan kembali datang membawa keluarga dan rekan sejawat,” ujarnya. (mukhtar wahid-anjar wulandari)

Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved