Edisi Cetak

Paduan Apik Arab dan Banjar

SEBUAH masjid berada di tepi Jalan Keramat, Kelurahan Pangambangan, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, terkesan kecil.

Paduan Apik Arab dan Banjar
BPOST GROUP/JUMADI
MASJID Al Qaramah di Jalan Keramat, Kelurahan Pangambangan, Kota Banjarmasin. 

SEBUAH masjid berada di tepi Jalan Keramat, Kelurahan Pangambangan, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, terkesan kecil. Namun siapa sangka, tempat ibadah yang dikelilingi rumah penduduk tersebut mampu menampung sekitar 300 orang.

Itulah Masjid Al Qaramah. Masjid yang sederhana ini dibangun 30 tahun yang lalu, tepatnya 8 Agustus 1984. Masjid ini perpaduan apik antara arsitektur Arab dan arsitektur Banjar.

Masjid dengan kubah di bagian tengah ini tampak lebih gagah. Ditambah, sebuah menara besar dengan konstruksi permanen di salah satu sudut serta sebuah menara yang lebuh kecil berkonstruksi ulin khusus untuk tempat pengeras suara.

Rosidi, sekretaris Pengurus Masjid Al Qaramah, mengatakan masjid ini dulunya adalah musala. “Karena berukuran kecil dan jemaahnya banyak, maka secara perlahan diperbesar,” ujarnya.

Sampai pada akhirnya, status musala ditingkatkan menjadi masjid. Mengingkat, perkembangan penduduk serta pertimbangan saat menyelenggarakan kegiatan keagamaan.

Rosidi mengungkapkan, masjid ini selalu ramai pada saat pelaksanaan salat lima waktu. Paling semarak saat salat Jumat, terlebih-lebih lagi Ramadan.

“Setiap 8 Agustus, kami juga menyemarakkannya dengan menggelar peringatan berdirinya tempat ibadah umat muslim ini,” cetus Rosidi.

Untuk fasilitas yang disediakan, tempat wudu berada di seberang jalan, tepatnya di tepi sungai. Hal ini tidak lepas dari nuansa budaya sungai masa dulu, yakni aktivitas keseharian masyarakat tak lepas dari sungai.

Namun karena perkembangan zaman, wudu tidak lagi langsung dari air sungai, tetapi dari leding yang telah disediakan.

“Kami menyediakan tempat wudu khusus di tepi sungai, tapi air yang digunakan adalah air leding,” ujar Rosidi.

Setiap tiba pelaksanaan salat wajib, masyarakat tidak perlu lagi pergi jauh-jauh untuk menunaikannya. Cukup menuju Masjid Al Qaramah.

Untuk susunan pengurus masjid, ketua dijabat Drs H Supiani Talhah, sekretaris dijabat Drs Rosidi dan bendahara dipegang HM Zaini. Selanjutnya, dilengkapi dengan bidang-bidang. (jumadi-alpri w)

Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved