Bagaimana Sebaiknya Berteman

banyak pelajaran yang bisa diambil dalam hubungan pertemanan. Lalu bagaimana mempertahanakan sebuah hubungan pertemanan

Bagaimana Sebaiknya Berteman
net
ilustrasi

SERAMBI UMMAH.COM - Menjalin pertemanan tentu hal yang menyenangkan bukan? Apalagi pertemanan yang terjalin sudah cukup lama, bahkan sudah menjadi pelengkap satu sama lain. Tawa, sedih, suka duka, canda pasti pernah dirasakan bersama. Dan tak hanya itu, banyak pelajaran yang bisa diambil dalam hubungan pertemanan. Lalu bagaimana mempertahanakan sebuah hubungan pertemanan??

1. Pasang Niat

Diantara kita banyak yang melupakan hal ini.  Menjalin hubungan pertemanan begitu saja tanpa ada niat dan visi menambah kebaikan.  Padahal, bukankah kebaikan itu bernilai pahala? Nahhh… coba landasi niat baik pertemanan karena Allah Ta’ala. Insya Allah kalau hal ini menjadi pijakan dasar pertemanan pasti segala permasalahan yang terjadi dalam pertemanan dapat terselesaikan dan bahkan bisa jadi lebih baik dan lebih dekat. Kecewa, kesal, marah pasti ada dalam pertemanan. Namun menjaga niat dan visi hanya karena Allah, Insya Allah, segala permasalahan terpecahkan dengan baik.

2. Kenali Temanmu

Sudah mengenal lama, apa yakin bisa menilai seseorang secara keseluruhan? Bukankah sifat seseorang bisa berubah-ubah? Mmmm…. Point terpenting juga dalam menjaga kelanggengan pertemanan adalah mengenali Ia sepanjang pertemanan berlangsung lalu teruslah beradaptasi. Dalam proses adaptasi itu, coba kenali pahami hal apa yang membuatnya marah , kecewa atau bahkan suatu hal yang bisa mengubahnya.

Jangan sampai ternyata ada perkataan yang membuatnya minder, tersinggung atau merasa rendah diri. Hindari suudzan dan juga latih diri agar teman kitapun tidak memunculkan perasaaan suudzan. Karena bisa jadi prasangka buruk (suudzon) muncul karena kita sendiri yang membuat peluang prasangka tersebut.

3. Memberilah

Bukankah ajaran kita juga mengajarkan untuk saling menyanyangi? Salah satunya adalah melalui pemberian hadiah. Ini salah satu cara agar timbul kasih sayang diantara kita. Banyak cara lain juga untuk memunculkan rasa kasih saying, misalnya pasang  foto bersama di Display Picture BB ,saling mengirim pesan pengingat dan yang pasti hal yang tidak boleh dilupakan juga mendoakan dia dalam keadaaan dia tahu atau tidak. Bukankah mendoakan orang lain, sama saja mendoakan diri kita sendiri? Yuks sebut nama teman dalam panjatan doa kepada Allah SWT.

4. Perhatikan Gaya hidup

Kenapa perhatian terhadap  gaya hidup teman adalah salah satu caranya? Hmmm.. coba deh, muhasabah lagi gaya hidup kita. karena bisa jadi gaya hidup kita yang berkecukupan membuat teman minder,  sengaja atau tidak membuat hati teman lemah dengan perkataan yang menyudutkannya. Misalnya, bukankah dalam pertemanan berbeda pendapatan pasti akan terjadi?

Halaman
12
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved