Edisi Cetak

Merokok Itu Haram

PERATURAN Daerah (Perda) No 7 Tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) akan diberlakukan di Kota Banjarmasin, 4 Mei 2014 nanti.

Editor: Sudi
NET
Ilustrasi 

PERATURAN Daerah (Perda)  No 7 Tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) akan diberlakukan di Kota Banjarmasin, 4 Mei 2014 nanti. Perda itu berlakukan secara bertahap selama 2014, bagi pelanggar hanya mendapatkan teguran.

Rencananya, sanksi tegas terhadap pelanggar Perda KTR itu baru diberlakukan 2015 nanti. Yakni denda Rp 100 ribu bagi perokok di wilayah bebas asap rokok. Seperti kantor pemerintah, sekolah, dan rumah sakit.

Wali Kota Banjarmasin, H Muhidin, mengatakan sosialisasi Perda KTR terus dilakukan agar dalam penerapannya dapat berjalan sesuai harapan. “Setiap kawasan bebas asap rokok memiliki tanda khusus,” ujarnya.

Dalam tahap sosialisasi, pelanggar Perda KTR akan ditegur oleh pihak atau aparat kantor setempat, misalnya oleh kepala dinas. Demikian pula di tempat larangan lain, teguran oleh pihak masing-masing.

“Saya mengimbau kepada aparat pemerintahan agar turut mematuhi Perda KTR. Jangan sampai pihak pembuat perda malah melakukan pelanggaran,” ujarnya.

Untuk mengimbangi Perda KTR, Muhidin mengatakan pemda akan menyediakan ruangan khusus merokok. “Demi menjaga kesehatan masyarakat. Karena sudah jelas, rokok sangat berbahaya bagi siapa saja,” ujarnya.

Ustadz Khairullah mengatakan ayat dan hadis yang menjelaskan larangan merokok sebenarnya tidak secara langsung. Namun, berupa kiasan. “Nabi Muhammad SAW melarang orang yang memakan bawang merah atau bawang putih dekat dengan masjid. Artinya, apapun yang berbau, agar tidak mendekati masjid. Apalagi rokok. Orang perokok saja bisa tercium dari jauh,” ujarnya.

Ada pula hadis yang mengungkapkan, siapa yang membuat anak Adam terganggu, maka malaikat pun ikut terganggu. “Bandingkan dengan asap rokok yang ketika diembuskan sangat mengganggu orang yang berada di sekitarnya,” ujarnya.

Disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 216, kaum muslim yang akan pergi berperang harus dengan persiapan. “Jika tidak, pasti mati konyol. Apalagi merokok, ujungnya binasa,” ujarnya.

Menurut Khairullah, bahaya merokok sudah jelas tertera dalam bungkus rokok. Di antaranya bisa menyebabkan impotensi dan gangguan janin. “Artinya jelas, hukum merokok itu haram. Allah SAW hanya menghalalkan yang baik dari hal-hal yang buruk,” ujarnya.

Khairullah mengatakan kalau ada orang berdalih bahwa merokok itu makruh, biasanya yang bersangkutan adalah perokok. “Dalam hadis dan Alquran jelas bahwa hal yang tidak baik itu haram. Merokok itu tidak baik bagi kesehatan, jadi haram,” ujarnya.  (restudia-m taufik)

Bahaya Merokok :

1. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
Merokok menyebabkan penyakit jantung koroner yang merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Perokok memiliki peluang 2-4 kali lebih tinggi untuk mengidap penyakit jantung koroner dibandingkan bukan perokok. Perokok memiliki risiko terkena stroke dua kali lebih besar.

2. Gangguan Pernapasan
Merokok meningkatkan risiko kematian karena penyakit paru kronis hingga sepuluh kali lipat. Sekitar 90 persen kematian karena penyakit paru kronis disebabkan oleh merokok.

3. Gangguan Janin
Merokok berakibat buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan, termasuk infertilitas (kemandulan), keguguran, kematian janin, bayi lahir berberat badan rendah, dan sindromkematian mendadak bayi.
sumber majalah kesehatan

Sumber: Serambi Ummah
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved