Empat Bekal agar Hidup Tetap Islami

pernah terjadi seorang pelajar berusaha membunuh temannya hanya karena rebutan pacar, MasyaAllah

Empat Bekal agar Hidup Tetap Islami
DOK BPOST GROUP
Anak-anak belajar mengaji. Mereka perlu dididik secara islami sejak dini. 

SERAMBI UMMAH.COM - AKHIR-AKHIR ini sering beredar berita di koran, televisi maupun internet berbagai kerusakan moral yang terjadi di negeri ini. Para pelakunya mulai dari mereka yang berkedudukan sebagai pejabat hingga rakyat biasa.

Pelaku kejahatan dan kerusakan moral tidak memandang usia. Baik laki-laki maupun perempuan, orangtua, pemuda, remaja bahkan anak-anak sama-sama pernah menjadi bahan berita.

Di daerah penulis tinggal, pernah terjadi seorang pelajar berusaha membunuh temannya hanya karena rebutan pacar, MasyaAllah. Kasus tak kalah parah (seakan dianggap hal lumrah) adalah bagi-bagi uang dalam Pemilihan Umum (Pemilu), Astagfirullah!

Kondisi ini begitu mencemasakan dan memprihatinkan. Lebih-lebih negeri ini mayoritas penduduknya adalah Muslim. Langsung ataupun tidak tentu ada pihak-pihak yang menyangkutpautkan individu itu dengan agama yang dianutnya.

Sesungguhnya, jika umat Islam mengabaikan agama, bahkan untuk urusan hal-hal sepele saja bisa membuat nama Islam rusak. Sebut saja masalah kebersihan, apalagi sudah kasus kriminal, suap, korupsi, seks bebas dan perilaku buruk lainnya yang dilakukan seorang Muslim tentu lebih mencoreng agama yang haq ini.

Islam telah memberikan pedoman dalam bertingkah laku. Tidak berhenti pada tataran konsep, bahkan Allah Subhanahu Wata’ala telah mengirimkan seorang teladan bagi umat ini yaitu Rasulullah Shallallahu’alaihi Wassallam, Michael H Hart (yang Nasrani saja) menyebut Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wassallam satu-satunya tokoh dalam sejarah yang berhasil mencatat kesuksesan yang sempurna dalam tataran agama maupun dunia.

Sudah seharusnya umat Islam mengikuti jejak Nabinya ini. Semoga kita bersegera dalam meneladani Beliau.

Lantas apa yang harusnya diperbuat umat Islam di abad modern ini? Setidaknya ada empat hal yang harus dilakukan oleh setiap individu Muslim supaya terbentuk perilaku yang islami.

Pertama, berfikirlah sebelum berbuat. Allah Subhanahu Wata’ala menggarunia manusia dengan akal bukan tanpa maksud dan tujuan. Dengan akal ini diharapkan manusia bisa membedakan mana yang haq dan mana yang bathil. Bisa memfikirkan apakah perilakunya itu sesuai dengan syariat Allah Subhanahu Wata’ala ataukah malah melanggarnya.

Jadi berfikir sebelum berbuat ini harus dibiasakan sehingga benar-benar menjadi sebuah kebiasaan umat Islam. Allah Subhanahu Wata’ala melarang manusia melakukan sesuatu yang tidak ia ketahui ilmunya.

Halaman
12
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved