Ijabi Laporkan Deklarasi Aliansi Anti-Syiah ke Polda

Ketua Ikatan Jemaah Ahlul Bait Indonesia (Ijabi) Jawa Barat Hesty Rahardja enggan mengomentari Deklarasi Aliansi Nasional Anti Syiah

SERAMBIUMMAH,BANDUNG - Ketua Ikatan Jemaah Ahlul Bait Indonesia (Ijabi) Jawa Barat Hesty Rahardja enggan mengomentari lebih jauh terkait 'Deklarasi Aliansi Nasional Anti Syiah' di Cijagra, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Ahad (20/4). Menurutnya, hal itu hanya perbedaan pendapat antara kelompok satu dengan yang lain.

"Kita menghargai kebebasan berpendapat. Tapi saya berharap semua pihak mengedepankan kedamaian," katanya, Minggu (20/4/2014).

Dikatakan Hesty, IJABI Jabar sudah melaporkan terkait acara ini ke Polda Jabar. Laporan itu juga ditembuskan ke Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan MUI Jabar. Hal itu dikarenakan terkait adanya kata 'anti' dalam acara yang dilangsungkan. Menurutnya, kata itu bisa memicu kebencian antara kelompok satu dengan kelompok lain.

"Kita sudah laporkan ke Polda, karena kata 'anti' itu bisa menimbulkan konflik. Ini tidak sesuai dengan budaya Jawa Barat yang silih asah silih asih dan silih asuh," katanya.

Dia mengatakan, perbedaan yang ada harusnya disikapi dengan rasa toleransi yang tinggi. Menurutnya, fiqih yang dianut satu kelompok tidak bisa digunakan untuk menghakimi kelompok lain. Dia mencontohkan, kata 'aamiin' dalam sholat ada yang mengatakan boleh dan ada yang mengatakan tidak.

"Yang pasti semua warga negara Indonesia berlandaskan Pancasila. Kalau perbedaan yang lain biar menjadi diskusi ilmiah," ujarnya.(rol)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved