Yang Harus Dilakukan Saat Hadapi Kesulitan

Pertama, Tetap tenang, jangan sekali-kali panik apalagi marah-marah, ingat kesulitan tidak selesai dengan penyesalan dan caci maki

Yang Harus Dilakukan Saat Hadapi Kesulitan
net

SERAMBI UMMAH.COM - Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Bila sahabatku tiba-tiba dalam kesulitan, maka berusahalah untuk :

Pertama, Tetap tenang, jangan sekali-kali panik apalagi marah-marah, ingat kesulitan tidak selesai dengan penyesalan dan caci maki,

Kedua, Tingkatkan ketakwaan, Allah Swt berfirman: Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah Mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS Ath Thalaq: 2-3)

Ketiga, Baik sangka pada keputusanNya, semua pasti ada hikmahnya, karena semua diputuskan dengan rahmat, ilmu dan kebijakanNya. Rasulullah Saw bersabda:
"Aku sesuai prasangka hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku akan bersamanya selama ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam dirinya maka Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam sekumpulan orang maka Aku akan mengingatnya dalam sekumpulan yang lebih baik dan lebih bagus darinya. Jika ia mendekat kepada-Ku satu jengkal maka Aku akan mendekat kepada-Nya satu hasta, jika ia mendekat kepada-Ku satu hasta maka Aku akan mendekat kepadanya satu depa, dan jika ia mendatangi-Ku dengan berjalan maka Aku akan mendatanginya dengan berlari." (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Keempat, Optimis, Insya Allah badai pasti berlalu. Insya Allah di balik kesulitan pasti ada kemudahan,

Kelima, Perhebat istighfar dan sholawat, di antara dua jalan pembuka dan penolak bala. Allah Swt berfirman:
Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun (QS Al Anfal: 33),

Keenam, Diskusikan dengan guru atau hamba Allah yang sholeh.

Ketujuh, Mohon doa orang tua, guru dan sahabat sholeh.

Kedelapan, Sedekah sebagai pembuka jalan, Rasulullah saw. bersabda “Hendaklah kalian mencari rezeki dengan bersedekah.”

Kesembilan, Doa sepenuh hati, kekuatan doa akan merubah takdirNya atas izinNya pula sebagai penghormatan kepada hambaNya yang berdoa kepadaNya,

Yang terakhir, kesepuluh, Tawakkal sepenuh hati, Allah Swt berfirman: "Barang siapa bertawakkal kepada Allah, maka Allah menjadi penolongnya" (QS Ath Thalaq 4).

Sungguh, sahabatku. Kalau hati ini rindu denganNya dan surgaNya, maka tidak ada lagi masalah yang besar. Allahumma ya Allah tiada yang membuat urusan menjadi mudah kecuali hanya Engkau, mudahkanlah urusan kami, wahai Penguasa atas segala keadaan, Aamiin.

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved