Berbuat Baik Kepada Tetangga

Islam sangat memperhatikan hak-hak tetangga karena mereka lah yang paling sering berinteraksi dengan kita

Berbuat Baik Kepada Tetangga
net
ilutrasi

SERAMBI UMMAH.COM - Inti dari ajaran yang dibawa nabi Muhammad adalah mengajarkan akhlak yang mulia kepada ummatnya. Rasulullah bersabda yang artinya "sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak" [HR. Bukhari].

Manusia adalah makhluk sosial sehingga membutuhkan interaksi dengan yang lain. Islam sangat memperhatikan hak-hak tetangga karena mereka lah yang paling sering berinteraksi dengan kita, oleh karena itu islam sangat menganjurkan ummatnya untuk berbuat baik kepada tetangganya dan memenuhi hak mereka.

Allah berfirman :

"Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri" [Q.S An-Nisa : 36].

Rasulullah juga bersabda sebagai mana yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar dan Aisyah Radhiyallahu 'anhuma keduanya berkata bahwa Nabi shalallahu 'alaihi wa salam bersabda :

"Jibril senantiasa mewasiatkan ku mengenai tetangga hingga hampir saja aku mengira mereka berhak mendapat warisan" [Muttafaqun 'alaihi].

Begitu besar perhatian islam kepada hak tetangga terutama tetangga yang paling dekat dengan pintu rumah kita, bahkan Rasulullah menganjurkan untuk berbagi makanan dengan tetangga kita, beliau bersabda :

"Apabila kamu memasak, perbanyaklah kuahnya. Kemudian perhatian penghuni rumah tetanggamu, dan berikan sebagian masakan itu kepada mereka dengan cara yang baik" [HR. Muslim]

Beliau juga bersabda :

"Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah dia mengganggu saudaranya.” [HR. Bukhari & Muslim].

Halaman
12
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved