Edisi Cetak

Melatih Kecermatan dan Ketelitian

MELAKUKAN hal terbaik demi mengharumkan nama daerah. Inilah tekad mulia yang terus digelorakan kafilah Kabupaten Tanahlaut (Tala) yang berjuang

Melatih Kecermatan dan Ketelitian
ISTIMEWA
Zainuddin SAg MPdi, Pelatih cabang makalah ilmiah Alquran kafilah dari Tala 

MELAKUKAN hal terbaik demi mengharumkan nama daerah. Inilah tekad mulia yang terus digelorakan kafilah Kabupaten Tanahlaut (Tala) yang berjuang pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat Provinsi Kalsel XXVII.

Tak heran, mereka sejak awal rajin mengikuti latihan dan penempaan kemampuan secara intens yang dibimbing para pelatih.

Pelaksanakan trainning center (TC) dipusatkan di Pondok Pesantren Ilyatul Aulia selama sepekan sejak 1 April lalu.

Semua peserta kafilah menjalani latihan mulai pukul 08.00 Wita sampai 16.00 Wita. Dilanjutkan malam hari mulai pukul 20.00 Wita dampai 22.00 Wita.

Pada momen MTQ kali ini, kafilah Tala sebanyak 122 orang. Terdiri atas peserta MTQ, pelatih, dan ofisial. Semua cabang yang dipertandingkan diikuti.

Dari semua cabang, ada satu bidang lomba yang tergolong baru diperlombakan yakni cabang makalah ilmiah Alquran. Cabang lomba ini baru dimasukkan dan baru diperlombakan kali kedua pada MTQ di Tala saat ini.

Itu merupakan cabang lomba yang memerlukan skill tersendiri, karena butuh pemikiran dan keahlian membuat makalah. Tentunya dengan judul yang menarik dengan tema pemberdayaan ekonomi umat.

Uniknya, dalam lomba ini peserta harus membuat makalah dengan mesin ketik bukan dengan komputer. Dengan begitu, akurasi ketelitian sangat diperlukan bagi para pesertanya.

Selain itu, harus bisa mempertahankan makalah mereka dalam diskusi panel dengan para dewan juri.

Pelatih cabang makalah ilmiah Alquran kafilah Tala, Zainuddin, menuturkan sudah semaksimal mungkin memberikan arahan kepada kafilah. “Kita menurunkan dua peserta. Satu putera dan satu puteri. Dari dua peserta ini, kita berharap mereka mampu masuk final.”

Halaman
12
Editor: Sudi
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved