Edisi cetak

Safaat dari Membaca Yasin

Selama dua hari di rumah sakit, Lutfi bersama ibunya dan pamannya berganti merawat ayahnya yang tak pernah siuman.

Safaat dari Membaca Yasin
Republika/Agung Supriyanto

LUTFI sangat kaget mendengar kabar ayahnya mendapat serangan stroke saat bepergian ke Pasar Harum Manis Banjarmasin bersama ibunya. Ayahnya, langsung koma dan dibawa ke RSUD Ulin Banjarmasin. Lebih sedih lagi, hasil diagnosa dokter, ayahnya hanya bertahan sekitar dua hari.

Selama dua hari di rumah sakit, Lutfi bersama ibunya dan pamannya berganti merawat ayahnya yang tak pernah siuman. Mereka juga membacakan surah Yasin, Alfatihah empat, Tabarak dan lainnya di telinga ayahnya Lutfi.

Sekitar pukul 02.00 Wita, ayahnya yang terus menerus dibacakan Yasin dan bacaan lain-lainnya mengembuskan napas terakhir.  “Kami secara bergantian membaca surah Yasin saat ayah menghadapi sakratal maut. Alhamdulillah ayah mengembuskan napas terakhir dengan tenang,” papar Lutfi.

Ustadz Sarmiji Aseri mengatakan, sebagian besar di kalangan masyarakat punya keyakinan kuat terhadap pembacaan surah Yasin tersebut untuk melepaskan kesusahan, meringankan ketika sakaratul maut supaya tidak sakit.

Menurut dia, ulama mengatakan apabila sedang mengalami kesusahan, kesulitan termasuk sakaratul maut bahkan meninggal dunia, dibacakan surah Yasin, itu sangat bagus.

Apabila dibacakan surah Yasin, lanjut dia, bagi yang sedang kesulitan dan kesusahan, akan diberikan kemudahan dan jalan keluar oleh Allah. “Bagi yang menghadapi sakaratul maut, dengan dibacakan surah Yasin dimudahkan menghadapi kematiannya. Buat yang sudah meninggal dunia, dibacakan Yasin, Insya Allah akan diringankan dari siksa subur,” jelasnya.

Ada beberapa hadis yang meriwayatkan tentang membaca surah Yasin. Antara lain disebutkan jika surah Yasin dibacakan pada orang yang akan meninggal. “Hadis ini dipegang oleh ulama dan mayoritas muslim. Jadi, bila sakaratal maut, termasuk bertalilal,” tandasnya.

Menurut Sarmiji yang juga menjabat Kasubag Humas IAIN Antasari, banyaknya riwayat hadis tentang membacakan Yasin, sehingga yang tadinya hadist dhoif naik derajatnya menjadi hadist hasan Lighairi.

Artinya, kata dia, hadis yang mulanya berderajat hadisy dhoif (lemah) akan tetapi kedhoifannya ini dapat ditutupi dengan banyaknya penguat dari jalur lain, sehingga lebih dominan untuk diterima daripada ditolak.

Berarti hadist ini bisa diamalkan seperti membaca surah Yasin. “Daripada bicara saat kami melakukan menunggu orang sakit atau mendatangi orang meninggal, lebih membaca Yasin,” paparnya.

Sarmiji juga menjelaskan, kenapa ada kebiasaan di masyarakat membaca Yasin, karena gampang dibaca banyak dihapal.  Seperti hadis Rasulullah SAW. “Bacalah Alquran, karena sesungguhnya Alquran itu menjadi safaat pada hari kiamat bagi pembacanya, termasuk yasin alquran. Hati atau qalbu Alquran adalah yasin,” tegasnya.

Pada hadis lain diriwayatkan Ad-darimiy, At-Turmudzi dan Anas ra dan Kanzul-Umal, juga disebutkan: “Segala sesuatu mempunyai jantung (hati), sedang jantung Alquran adalah surah Yasin, dan siapa saja yang membaca surah Yasin, Allah SWT mencatat bacaannya seperti bacaan Alquran sepuluh kali.”

Sementara diriwayatkan Al-Baihaqiy dalam Syi’abil Iman dan Abu Hurairah RA danKanzul-Umai, disebutkan Rasulullah SAW bersabda: “Siapa membaca surah Yasin setiap malam, ia diampuni  “Tiada seorang akan mati, lalu dibacakan surah Yasin di sisinya, kecuali Allah SWT memudahkan kematiannya.” (syaiful anwar-m royan n)

Fadhilah Surah Yasin:
- Dibacakan pada orang sakaratul maut maka akan mempermudah keluarnya ruh
- Dapat memberi syafaat bagi pembacanya
- Dimudahkan hajatnya
- Meringankan siksa kubur
- Menolak kejahatan
- Dibaca malam Jumat mendapatkan amunan
- Orang tersesat akan mendapat jalan lagi
- Orang haus akan hilang hausnya
- Orang sakit akan hilang sakitnya

Tags
Alquran
Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved