Breaking News:

Ke Malang, Jangan Lupa Mampir ke Masjid Unik Ini

Bila Jakarta punya Istiqlal sebagai Masjid terbesar di Indonesia, maka Malang punya masjid yang mungkin paling nyentrik

Editor: Edinayanti
net
masjid turen 

SERAMBIUMMAH.COM - Bila Jakarta punya Istiqlal sebagai Masjid terbesar di Indonesia, maka Malang punya masjid yang mungkin paling nyentrik dan unik di Indonesia. Percampuran gaya India, Timur Tengah dan Cina menjadikan masjid ini layak untuk dikunjungi traveles saat berada di Malang.

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing terutama pada bangunan keagamaan dalam hal ini masjid misalnya. Fungsinya sebagai rumah ibadah maka tak heran bila banyak yang bermimpi membangun Masjid ini dengan gaya terbaik. Mulai dari bahan hingga arsitektur, dipilih yang terbaik.

Begitu pun dengan masjid unik yang ada di Malang ini. Masjid milik Pondok Pesantren Salafiyah, Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah di Malang, Jawa Timur ini tidak memiliki ciri yang khas bangunan di Jawa pada khususnya dan bangunan masjid di Indonesia pada umumnya.

Sebenarnya menentukan gaya arsitektur masjid ini cukup sulit karena sangat unik. Perpaduan unsur India,China, Romawi hingga Timur Tengah. Keunikannya sudah terlihat saat travelers tiba di depan gerbang masuk pesantren yang ada di Jalan Anggur No 7, Desa Sananrejo, Turen,Malang, Jawa Timur. Sebuah gerbang raksasa bergaya Romawi berdiri dengan gagahnya menyambut setiap orang yang datang.

Selanjutnya, pengunjung akan melewati sebuah serambi yang mirip seperti gua dimana seluruh dinding ruangannya dibuat mirip seperti gua, lengkap dengan stalaktitnya. Masuk ke ruang salat, pengunjung akan melihat interior yang tak kalah menarik. Hampir seluruh bagian dalam masjid dipenuhi dengan ukiran dan kaligrafi indah.

Bahkan mimbar untuk khotib berkhutbah pun tidak ketinggalan diberi sentuhan desain yang mewah. Kursi imam dibuat layaknya kursi seorang raja. Mengagumkan! Tidak hanya selesai disitu, kekaguman anda berlanjut ketika melihat ruangan lain di pesantren ini dimana desainnya tidak sama satu sama lain.

Semua orang yang mengunjungi Pondok Pesantren Salafiyah, Bihaaru Bahri “Asali Fadlaailir Rahmah ini pasti berdecak kagum dan selalu bertanya siapakah arsitek dibalik rancangan yang indah dan megah ini. Dan semua pastinya kembali mendecak kekaguman ketika mengetahui bahwa yang merancang bangunan nan indah ini bukanlah seorang arsitek.

Adalah KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al Mahbub Rahmat Alam, sang pemilik pesantren yang mendesain seluruh ide,gaya, dan bentuk arsitektur berdasarkan hasil salat Istikharah yang dijalaninya. Oleh karena itu, semua konsep yang diterapkan pesantren 10 lantai ini tidak mengikuti konsep bangunan manapun.

Seolah baru mendapat pencerahan, semua orang yang keluar setelah berkunjung ke masjid ini masih mendecak rasa kagum. Jika anda seorang muslim, sempatkan untuk salat dan berdoa di dalamnya. 

Berita Populer
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved