Breaking News:

Tradisi Mangaik Mungkuih Memudar

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno meminta masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan untuk terus melestarikan tradisi dan budaya

net
Mancing di sungai 

SERAMBIUMMAH.COM, PAINAN - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno meminta masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan untuk terus melestarikan tradisi dan budaya "Mangaik Mungkuih" yang keberadaannya saat ini mulai memudar.

"Tradisi "Mangaik Mungkuih" akhir-akhir ini sudah mulai memudar seiring menghilangnya "Mungkuih" (sejenis ikan yang hidup di aliran sungai yang bersih) di sejumlah aliran sungai di provinsi ini, " kata gubernur di Painan, Sabtu (26/4).

Maka itu tradisi "mangaik" (menangkap) ikan kecil dengan memiliki rasa daging yang gurih itu perlu kembali digalakkan dengan memperlombakan menangkapnya. Ikan sungai tersebut juga sangat ramah lingkungan karena hidupnya di aliran sungai yang deras dan jernih sehingga membutuhkan tempat bersih.

Selain itu, cara menangkap ikan tersebut juga unik karena memancingnya tanpa menggunakan umpan dan alat pancing kawat, melainkan hanya menggunakan benang batang pisang di ujung joran.

Halaman
123
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved