Breaking News:

Masjid Agung Jami Singaraja

Saksi Masuknya Islam di Bali

Masjid Kuno Singaraja adalah sebuah masjid bersejarah yang berlokasi di Jalan Hasanuddin, kelurahan Kampung Kajanan, Kabupaten Buleleng

Editor: Edinayanti
wikipedia.org
masjid singaraja 

SERAMBIUMMAH.COM - Masjid Kuno Singaraja adalah sebuah masjid bersejarah yang berlokasi di Jalan Hasanuddin, kelurahan Kampung Kajanan, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia.

Menurut candrasengkala yang pernah ditemukan, masjid ini didirikan pada tahun 1654 Masehi. Masjid ini menjadi kebanggaan masyarakat Singaraja, karena nilai sejarahnya yang menjadi saksi masuknya agama Islam di pulau Bali.

Menurut Dr. Sugianto, seorang peneliti budaya Bali Utara dan juga penemu kitab suci Alquran tertua di Indonesia, menyatakan bahwa masjid tua ini mempunyai peranan yang sangat besar dalam penulisan Alquran tertua di Nusantara.

Lebih lanjut ia menyatakan, besar kemungkinan sebagian isi Alquran tertua itu ditulis di masjid ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan ditemukannya Alquran kuno beberapa puluh meter dari masjid ini.

Awalnya, masjid ini hanya berupa sekepat–tempat salat khusus bagi para saudagar yang kebetulan lewat. Kemudian, sekepat yang terletak di Muara Tukad Buleleng ini, oleh Sunan Parapen, seorang penyebar Islam yang hendak pergi ke Lombok, diperbaiki dan dibangun menjadi sebuah masjid

Berita Populer
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved