Breaking News:

Edisi Cetak

Lukisan Langit Berawan di Plafon

SETIAP orang yang masuk ke dalam masjid, pandangannya akan tertuju ke atas. Penyebabnya di bagian plafon masjid

Editor: Dheny
BPost Group
Interior menawan Masjid Al Barokatul Jami 

SETIAP orang yang masuk ke dalam masjid, pandangannya akan tertuju ke atas. Penyebabnya di bagian plafon masjid ada lukisan langit berawan.

Itulah bagian unik, namun membuat indah, di bagian dalam Masjid Al Barokatul Jami, Jalan Garuda, Kompleks Perumahan Bumi Lingkar Basirih Permai, Banjarmasin.

Masih pada bagian dalam masjid, dindingnya ditanam keramik cokelat. Lalu keberadaan empat tiang guru, tepat di tengah, bak penjaga jemaah sekaligus sebagai sentuhan artistik yang selaras dengan keseluruhan interiornya.

Masjid seluas 18 meter x 24 meter tersebut, didirikan pada 2003. Sebagian dana pembangunannya berasal dari swadaya masyarakat sekitar kompleks. Ada juga dana bantuan dari Pemko Banjarmasin, dua tahun sekali.

Secara bertahap, tahun demi tahun masjid yang dulunya direncanakan dibangun menggunakan fisik kayu ulin, pada akhirnya dibangun permanen, sehingga terlihat lebih megah.

Kini, tempat ibadah tersebut mampu menampung sekitar 600 jemaah. Kalau di bagian luarnya, mampu menampung sekitar 300 jemaah.

Desain awal, lima kubah direncanakan menghiasnya. Kini, baru dua kubah cat berwarna hujau. Sisanya, tetap dibangun walaupun secara bertahap.

“Sambil menunggu masukan dana dari masyarakat, kami juga masih menyelesaikan tempat wudu yang lebih baik. Mudah-mudahan ada dermawan yang membantu,” terang H Syamsyi, bendahara masjid.

Mengenai kegiatan, selain menggelar peringatan hari-hari besar Islam, masjid ini juga disemarakkan rangkaian berbagai acara selama Ramadan.

Di luar itu, di antaranya rutin menyelenggarakan pengajian kaum laki-laki dewasa setiap subuh Minggu dan kultum pada Rabu malam. Bahkan ada yang cukup unik lagi di masjid ini, selain interiornya, yaitu sarapan nasi kuning bersama setiap Jumat setelah selesai salat Subuh. Dananya bukan dari masjid, tapi dari jemaah setempat.

Untuk para pengurus Masjid Al Barokatul Jami, Syadiana Kaseran menjabat sebagai ketua, Gt H Marhasan sebagai wakil ketua, H Syamsi sebagai bendahara, Umar Dani sebagai sekretaris dan penasihat H Ahmad Yudi Wahyuni, mantan Wali Kota Banjarmasin. (jumadi-alpri w)

Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved