Edisi Cetak

Pilihkan Pakaian yang Menutup Aurat

ADA banyak cara positif untuk mendidik anak. Bahkan melalui cara yang sepele sekalipun.

Pilihkan Pakaian yang Menutup Aurat
BPost Group

ADA banyak cara positif untuk mendidik anak. Bahkan melalui cara yang sepele sekalipun. Seperti pemilihan pakaian. Berikan anak kesempatan untuk memilih warna baju sekaligus modelnya. Tujuannya agar anak bahagia dan merasa dihargai haknya. Namun yang terpenting,  baju anak itu Syar’i atau menutup aurat.

Seorang PNS di Dinas Pendidikan Banjar, Dita, mengusahakan sejak kecil anak perempuan selalu memakai baju yang menutup aurat. Adapun pilihan warna nomor dua.

“Yang penting, kemanapun anakku pergi selalu dibiasakan sejak umur satu tahun sudah menutup aurat,” ucap Dita.

Menurut Dita, begitu terbiasanya memakai baju muslim setiap hari,  dua anak perempuannya akan protes ketika bepergian tidak memakai pakaian yang menutup aurat. Alhamdulilah, anak- anak senang memakai busana yang menutup aurat.

“Jika akhir bulan, kita ajak anak-anak ke toko baju muslim. Mereka kami biarkan memilih warna dan modelnya,” ucap Dita.

Ustadzah Hajah Noorsehat HA mengingatkan, jangan sampai membelikan baju anak itu yang membuka atau memperlihatkan aurat. Menurut Noorsehat, terpenting sebenarnya bukan masalah warna. Namun,  baju tersebut harus menutup aurat atau syar’i.

Sekarang karena tren dan budaya, banyak sekali baju atau pakaian anak yang tidak menutup aurat. “Kadang pakaiannya bolong di belakang atau tanpa lengan baju,” ucap Noorsehat.

Anak-anak, lanjutnya, perlu teladan dan contoh dari orangtua. Ketika orangtua memberikan  contoh dan teladan selalu berbaju menutup aurat, anak pun tanpa dipaksa akan selalu  baju-baju yang menutup aurat.

“Kuncinya contoh dari orangtua,” timpal Noorsehat.

Menurut dia, anak-anak, perlu diarahkan untuk memilih warna-warna cerah seperti merah jambu, putih, kuning muda agar terlihat tampil segar. Tapi, sekali lagi patut diingat, untuk warna bukan persoalan, yang penting bajunya menutup aurat.

Halaman
12
Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved