Luangkan Waktu Untuk Berkomunikasi

Persada menyadari benar perjalanan pernikahannya mengalami banyak konflik ini karena kekecewaan yang dirasakannya

Luangkan Waktu Untuk Berkomunikasi
net
ilustrasi 

SERAMBI UMMAH.COM - Persada (34) dan Nina (29) hampir saja bercerai. Kesibukan atas pekerjaan masing masing membuat mereka jarang berkomunikasi. Konflik inter rumah tangga pun hampir setiap hari terjadi.

Persada menyadari benar perjalanan pernikahannya mengalami banyak konflik ini karena kekecewaan yang dirasakannya semakin hari semakin bertambah, dan hubungannya dengan istri semakin memburuk.

"Saya dan istri, selalu saja bertengkar dan berargumen keras, terutama tentang fakta bahwa saya merasa berbeban berat. Istri juga tidak mau kalah dia merasa bebannya lebih berat setelah bekerja sebagai guru, mengasuh tiga anak kami, mengerjakan seluruh pekerjaan rumah," kata Persada.

Bahkan lanjut Persada untuk urusan sederhana, mereka pun kerap bermasalah. Keduanya merasa satu sama lain tidak peka terhadap keletihan rutinitas sehari jari yang dihadapi.

"Seperti soal anak kami yang sakit, kami saling tuding sebagai penyebab sakitnya si bungsu," kata warga Sungai Miai Dalam ini.

Saat itu lanjut kontraktor ini dia dan istrinya sudah mencapai titik untuk mengakhiri pernikahan mereka.

Beruntung saat sudah dipuncak keduanya memutuskan untuk berbicara bersama dan mencari solusi agar pernikahan tetap bertahan.

"Setelah berbicara dari hati ke hati ditemukan solusi bahwa ini akibat kurangnya komunikasi saja. Kesibukan kami berdua membutakan kami agar melakukan komunikasi," sebut Persada.

Selama komunikasi, ujar Persada masing-masing berbicara secara bergiliran tentang keluhan dan keprihatinan masing masing.

"Ternyata kemarahan dan teriakan yang terjadi selama konflik tidak menyelesaikan maslaha justru memperparah. Komunikasi dan mendengarkan masukan satu sama lain menjadi solusi yang baik," lanjut dia.

Halaman
123
Penulis: Khairil Rahim
Editor: Halmien
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved