Breaking News:

Edisi Cetak

Hari Besar Islam

KEGIATAN keagamaan di masjid yang menjadi kebanggaan warga muslim Anjir Muara, Batola, cukup padat

Editor: Dheny
BPost Group
Masjid Noruzzakirin 

SERAMBIUMMAH.COM - KEGIATAN keagamaan di masjid yang menjadi kebanggaan warga muslim Anjir Muara, Batola, cukup padat, baik kegiatan mingguan, bulanan maupun tahunan.

Menurut Mas’ud Abdullah, pembina Masjid Noruzzakirin, majelis taklim oleh kaum laki-laki dilaksanakan sebulan sekali pada minggu pertama. Sedangkan majelis kaum hawa dilaksanakan seminggu sekali pada Selasa sore.Pada Kamis malam, di masjid yang sering dijadikan tempat tamatan massal anak TKA ini dilaksanakan pembacaan amalan. Kalau Minggu malam, pembacaan burdah dan pembacaan maulid habsi.

Hal menarik di Masjid Noruzzakirin ini ada kegiatan akikah oleh jemaah yang pelaksaannya bersama dengan peringatan hari besar Islam, di antaranya Isra Mikraj ataupun maulid. Sebanyak 35 orang melakukan arisan, pencabutannya bersamaan dengan hari besar Islam. Sebanyak dua ekor sapi atau paling sedikit satu ekor sapi disembelih untuk tujuh atau 14 orang yang berakikah.

Daging dua ekor sapi itu, kata Mas’ud, kemudian dibagi kepada anggota arisan untuk dimasak. Daging yang sudah dimasak, kemudian diserahkan masing-masing 25 potong kepada panitia untuk dijadikan santapan peringatan hari besar Islam.

“Dalam setahun, ada dua kali kegiatan akikah bersamaan dengan peringatan hari besar Islam,” pungkas Mas’ud. (am ramadhani-alpri w)

Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved