Breaking News:

Serambi UmmaH Edisi 748

SEJUMLAH makam di Kalsel dikeramatkan. Makam itu diberi kain kuning untuk menambah kesan keramat.

Editor: Dheny
Serambi UmmaH Edisi 748
Cover Serambi UmmaH edisi no 748

Assalamualaikum wr wb

SEJUMLAH makam di Kalsel dikeramatkan. Makam itu diberi kain kuning untuk menambah kesan keramat. Penghuni makam disebut-sebut sebagai orang alim. Orang pun berdatangan. Entah untuk berdoa agar penghuni makam diterima amalnya oleh Allah SWT atau justru meminta sesuatu. Terlepas dari itu yang biasanya ada yang mengambil keuntungan dari kedatangan tamu tersebut. Ada tukang parkir, ada penjaga makam, ada penjual pernak-pernik dan penaruh kotak sumbangan.

Sejumlah kalangan menilai keberadaan makam tersebut menjurus kepada syirik atau menduakan Allah SWT. Mereka menuntut agar makam keramat tersebut dibongkar. Baru-baru makam Datu Dayan, di Desa Rantau Kaminting, KecamatanLabuaamas Utara, Hulu Sungai Tengah dibongkar. Ternyata tidak ada sisa jasad seperti tulang, gigi, dan rambut di dalam kuburan itu.

Di Jalan A Yani dekat flyover Gatot Subroto juga pernah dilakukan pembongkaran makam yang dikeramatkan. Ternyata juga tidak ada isinya. Untuk itu Serambi Ummah merasa perlu menanyakan masalah ini kepada alim ulama agar kita tidak terjebak dalam persoalan syirik. Persoalan ini dibahas dalam Rubrik Ihwal di halaman 2 dan 3.

Kita memang perlu mengetahui mana ibadah yang benar, mana yang tidak. Ini agar kita tidak terjerumus dalam perbuatan yang salah. Salah satunya adalah mengenai saat hujan. Seberapa pentingkan amalan ini, kami kupas dalam Rubrik Sunnah di halaman tujuh.

Di daerah ini juga ada tradisi membaca tasbih selama Bulan Rajab. Bagaimana hukumnya dan apa yang melatarbelakangi tradisi ini, bisa kita simak di halaman Tradisi di halaman 20.

Serambi UmmaH kali ini tidak hanya membahas tentang ibadah dan amalan, tetapi juga mengenai kekinian dan kehidupan. Saat ini Arab Saudi dilanda wabah MERS. Flu ini dikhawatirkan mengancam jemaah haji dan umrah. Apa yang harus dilakukan umat yang ingin berangkat ke Tanah Suci dan bagaimana dampaknya penyakit tersebut, ikuti Rubrik Dalil di halaman empat.

Kami juga mengupas hal yang ringan. Salah satunya tentang bisnis masakan kambing. Bagaimana menggiurkannya bisnis ini, lihat Rubrik Muamalat di halaman 10. Masih banyak lagi topik menarik lainnya. Semoga bermanfaat. Amin.

Wassalamualaikum wr wb

Berita Populer
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved