Umat Islam Harus Bersatu Dalam Berpolitik

Tahun 2014 merupakan tahun politik. Masyarakat Indonesia dihadapkan kepada dua agenda besar

Umat Islam Harus Bersatu Dalam Berpolitik
Republika/Yogi Ardhi
Wakil Sekretaris Jenderal MUI Pusat KH Tengku Zulkarnain

SERAMBIUMMAH.COM, JAKARTA - Tahun 2014 merupakan tahun politik. Masyarakat Indonesia dihadapkan kepada dua agenda besar yaitu, pemilihan calon anggota legislatif yang baru saja selesai dan pemilihan calon presiden dan wakil presiden yang segera akan dilaksanakan.

Persoalan politik coba dibahas oleh Wakil Sekretaris Jenderal MUI Pusat KH Tengku Zulkarnain dalam ceramahnya pada Pengajian Politik Islam (PPI) di Masjid Al-azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Ahad (11/5).

Zulkarnain mengatakan, umat Islam harus memiliki sikap politik yang berpihak kepada Islam. “Umat Islam harus bersatu,” ujarnya.

Ia khawatir jika presiden mendatang tidak memihak kepada umat Islam. Sebab, kata Zulkarnain, partai pemenang pada pemilu legislatif berasal dari partai yang anti-Islam.

Di dalam politik Islam, lanjut Zulkarnain, sistem bukan menjadi persoalan dalam proses politik. Namun, politik Islam lebih melihat kepada sosok pemimpin. Menurutnya, figur lebih berperan daripada sistem politik dalam suatu negara.

Ia mencontohkan, pada masa Rasulullah, kemajuan umat Islam bukan disebabkan oleh sistem yang dipakai. Namun, pemimpin Islam pada waktu itu memiliki sifat kepemimpin yang sesuai dengan ajaran Islam. Misalnya, jujur, Amanah, dan bertanggungjawab.

Zulkarnain menjelaskan, sejarah politik Islam pernah menggunakan berbagai sistem dalam memilih pemimpin. Baik dengan sistem tunjuk langsung, musyawarah mufakat, dan sistem kekuasaan raja. Semua sistem tersebut tetap membawa dampak positif bagi umat Islam.

Untuk itu, Zulkarnain menegaskan kepada umat Islam untuk cerdas dalam memilih pemimpin. “Pemimpin harus menjadi pengayom dan pelindung,” katanya.(rol)

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved