Breaking News:

Mesjid Agung Samarra Dibangun Selama 52 Tahun

Masjid ini berdiri pada abad ke 9 dan pembangunannya selesai dalam kurun waktu 52 tahun pada masa pemerintahan Khalifah Abbasid Al Mutawakkil.

Editor: Edinayanti
Mesjid Agung Samarra Dibangun Selama 52 Tahun
net
masjid agung samarra

SERAMBIUMMAH.COM - Masjid ini berdiri pada abad ke 9 dan pembangunannya selesai dalam kurun waktu 52 tahun pada masa pemerintahan Khalifah Abbasid Al Mutawakkil.

Pada zamannya, masjid ini merupakan masjid terbesar di dunia, dan memiliki menara dengan tinggi 52 meter dan lebar dasar spiral menara 33 meter.

Menara al-Malwiya adalah sebutan dari menara ini. Menara masjid yang berbentuk spiral ini dapat menampung delapan puluh ribu orang jemaah.

Banguna Masjid ini didaftarkan pada bangunan-bangunan bersejarah “Congregational Mosque” Al-Mutawakkil di Irak, kemudian diikuti oleh 20 bangunan istana lainnya. Hal ini membuktikan bahwa pemimpin atau khalifah di Irak pada masa itu sangat menghargai perkembangan dan kemajuan karya seni arsitektur.

Sayangnya, pada 1 April 2005, bagian atas Malwiya mesjid rusak oleh sebuah bom dalam peperangan infasi AS ke negara Irak. Para pejabat Irak telah menyatakan klaim bahwa tentara AS telah menyebabkan kerusakan yang signifikan pada situs-situs bersejarah di Samarra, termasuk dinding sebuah istana kuno di Irak.

Berita Populer
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved