Pentingnya Pendidikan Anak di Rumah

menunjukan bahwa kita sebagai orang tua hendaknya menanamkan pendidikan aqidah terlebih dahulu.

Pentingnya Pendidikan Anak di Rumah
net
ilustrasi

SERAMBI UMMAH.COM - BERKACA pada persoalan penyimpangan seksual terhadap anak usia dini, rasanya setiap orang tua mulai waspada terhadap pergaulan anak-anak mereka. Namun kewaspadaan ini berangsur-angsur berkurang saat pemberitaan tentang hal tersebut mulai hilang. Begitulah masyarakat kita. Saat berita media memuncak, baru dilakukan pencegahan. Namun, saat tidak ada berita rasanya situasi aman dan tentram.

Sejatinya pencegahan terhadap penyimpangan seksual harus dilakukan sejak dini. Kemungkinan anak-anak kita bisa menjadi pelaku ataupun korban dikemudian hari. Itu bisa terjadi, jika peran orang tua tidak benar-benar dioptimalkan. Orang tua hanya mencari kebutuhan materi tetapi mengesampingkan pendidikan dasar di rumah.

Sebagaimana Firman Allah SWT, “Dan (Ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar,”(QS. Lukman: 13).

Ayat diatas menunjukan bahwa kita sebagai orang tua hendaknya menanamkan pendidikan aqidah terlebih dahulu. Aqidah merupakan benteng bagi setiap orang termasuk anak. Karena jika aqidah sudah tertanam sejak dini, Insyaallah menginjak remaja anak bisa lebih menjaga diri.

Berbeda jika orang tua hanya bertemu dengan anak saat menjelang maghrib. Saat anak ingin berkomunikasi, orang tua beralasan capek dan sebagainya. Baik ayah ataupun ibunya tidak ada waktu untuk berkomunikasi sedikitpun. Itulah salah satu penyebabnya anak mulai melakukan penyimpangan-penyimpangan.

Peran pendidikan dalam rumah harus mulai digalakan lagi. Ayah dan Ibu harus bekerja sama untuk memberi pijakan kepada sang anak. Jangan sampai anak merasa terasing dirumah sendiri. Sehingga mereka lebih mempercayai orang lain dari pada orang tuanya sendiri. Islam sudah menyediakan bagaimana caranya mendidik anak. Saatnya kita terapkan dan praktikan demi masa depan anak-anak kita kelak. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved