Breaking News:

Guru Kreatif, Kurikulum 2013 Sukses

SEORANG guru tak akan lepas mengeksplorasi segala sumber daya yang dimiliki, mencurahkan segala

Editor: Dheny

Oleh: Abd Khair (Kepala MIN Muara Halayung)

SEORANG guru tak akan lepas mengeksplorasi segala sumber daya yang dimiliki, mencurahkan segala daya dan kemampuan untuk menemukan sesuatu yang baru, sehingga dapat membantu tugasnya menjadi lebih baik.

Sebaliknya, guru yang tidak mau mengembangkan kemampuan, dia akan tertinggal bahkan tergilas oleh tuntutan pendidikan yang selalu berkembang. Dalam dunia pendidikan, inovasi hal mutlak dilakukan oleh seorang guru, karena akan terjadi kemandekan yang berimbas pada kualitas siswa.

Salah satu inovasi pendidikan yang harus disambut oleh guru, implementasi kurikulum 2013. Sesuai keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhammad Nuh, kurikulum baru mulai diberlakukan pada tahun ajaran mendatang.

Dalam kurikulum baru itu, pembelajaran akan mengedepankan pengalaman personal melalui observasi (menyimak, melihat, membaca, mendengar), bertanya, asosiasi, menyimpulkan, mengkomunikasikan.

Dari berbagai studi, disimpulkan bahwa pembelajaran seperti inilah yang akan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, dan akan mampu menyiapkan generasi yang siap terhadap berbagai ketidakpastian masa depan.

Menghadapi kurikulum 2013, tentu harus ada usaha yang serius dan berkesinambungan dalam rangka terus memahami kurikulum tersebut, baik berkenaan silabus, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan penilaian.

Refleksi pemahaman terhadap kurikulum 2013 tentu akan mengantarkan guru menuju profesi yang sangat mulia, karenya itu seorang guru membutuhkan kesungguhan, keseriusan dan ketulusan pengabdian dari hati dalam mengajar murid-muridnya.

Seorang guru harus amanah dalam mengemban tugasnya. Seperti namanya, guru yaitu digugu dan ditiru, yakni seseorang yang dapat memberikan panutan, contoh atau teladan kepada muridnya dengan bersikap arif dan bijaksana.

Usaha nyata dari seorang guru adalah berdasarkasn muatan kompetensi kurikulum 2013, yaitu membimbing dan menuntun untuk menjadikan seseorang memiliki kompetensi spiritual, sikap sosial yang baik, keterampilan, dan pengetahuan serta dewasa dalam berpikir dan bertindak.

Seorang guru yang sadar akan profesinya itu, hendaknya jangan terkungkung dalam comfort zone. Yaitu hanya menjalankan rutinitas harian mengajar, tanpa ketulusan untuk terus mengasah kemampuan dan kreativitasnya.

Peranan guru, juga harus memperhatikan aspek-aspek lain dalam menunjang kualitas pengajaran di kelas, termasuk kesiapan menggali dan menerima kurikulum 2013.

Oleh karena itu guru harus mampu mengeksplorasi semua potensi dan kemampuan diri. Guru harus akrab dengan berbagai sumber keilmuan dan media informasi, baik cetak maupun elektronik.

Guru berupaya untuk terus up to date mengikuti perkembangan jaman, sehingga cakrawala berpikirnya akan terbuka dan mendapatkan banyak informasi. Dengan demikian, menambah wacana untuk melakukan suatu aktivitas pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

Guru juga menjadi faktor paling dominan, membawa misi mewujudkan UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Keberhasilan pendidikan bukan pada kurikulum semata, tapi sangat mendasar ditentukan oleh guru. Jangan sampai kurikulumnya berubah, tetapi mindset guru tidak berubah. Karena menyangkut perubahan mindset guru, tentu guru yang sadar akan amanah yang diembannya akan menjadikan dirinya profesional secara mandiri tanpa bergantung orang lain.

Kurikulum bagaimanapun baiknya, tentu masih sangat tergantung kepada para guru. Oleh karena itu, perubahan mindset para guru tentu menjadi sangat penting sebagai prasyarat keberhasilan implementasi kurikulum. (*)

Berita Populer
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved