Hadapi Islamofobia

KONDISI muslim Perancis dalam menjalankan kepercayaannya selalu terganjal kebijakan tidak populer.

Hadapi Islamofobia
WIKIPEDIA/GRYFFINDOR
SEBUAH masjid di kota Paris. 

KONDISI muslim Perancis dalam menjalankan kepercayaannya selalu terganjal kebijakan tidak populer. Mulai dari larangan menggunakan simbol agama, hingga yang paling ekstrem, dikaitkan dengan tuduhan teroris.

Hikmah positif dari situasi itu muslim Prancis menjadi lebih tangguh. Semangat berislam tidak kendur sedikit pun. Ini yang kemudian ingin ditularkan muslim di Perancis kepada saudaranya di seluruh penjuru dunia.

Salah satu bentuknya melalui promosi ritual haji. Sebuah pemeran tentang haji digelar. Pameran tersebut meliputi karya seni, fotografi, manuskrip langka dan tekstil.

“Kami ingin memberikan gambaran terkait ibadah yang sudah dijalankan umat Islam,” kata Kurator Pameran, Omar Saghi, seperti dilansir onislam.net, awal bulan ini.

Mengambil tajuk “Haji: Perjalanan ke Jantung Islam”, pameran ini akan berlangsung hingga 10 Agustus 2014 mendatang. Pada pemeran tersebut akan tampil karya seniman Prancis, Leon Belly berjudul “Jamaah Haji Menuju Makkah” yang dibuat pada abad ke-19.

Tampil juga karya peninggalan Kekalifahan Ustmani, yang menampilkan Kota Makkah yang dahulu penduduknya masih sedikit. Begitu pula dengan tampilan Masjidil Haram pada masa itu.

Pameran ini bukan kali pertama digelar. Pada Oktober 2013 lalu, pameran khusus tentang Haji diperkenalkan di Qatar. Pada 2012, British Museum juga menyelenggarakan pameran serupa. Pameran ini merupakan yang terbesar di dunia.

Media lain yang dipakai untuk memerangi Islamfobia adalah film. Melalui film, mereka ingin memberikan gambaran nyata pandangan wajah umat Islam. Adalah inisiatif Globe Trotter —organisasi sosial yang didirikan muslim Prancis, yang memiliki misi mempromosikan ajaran Islam. (rep/vvn-yamani ramlan)

Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved