18 Juta Pemudik Bakal Ramaikan Libur Lebaran 2014

18.458.905 orang akan melakukan perjalanan mudik selama libur hari raya Lebaran akhir Juli nanti.

18 Juta Pemudik Bakal Ramaikan Libur Lebaran 2014
Warta Kota/angga bhagya nugraha
Calon pemudik melihat papan pengumuman ketersediaan tiket mudik tambahan lebaran 2014 di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Kamis (15/52014). PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mulai menjual tiket kereta tambahan Lebaran secara online. Tiket yang dijual untuk keberangkatan H-7 hingga H+7 Lebaran atau 21 Juli-5 Agustus 2014 langsung bisa dicetak. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Organisasi Angkutan Darat (Organda) Eka Sari Lorena menyatakan 18.458.905 orang akan melakukan perjalanan mudik selama libur hari raya Lebaran akhir Juli nanti.

Hal ini dikatakannya saat ditemui di Pasific Place Jakarta, Selasa (3/6/2014) siang. Berdasarkan data Organda, terjadi peningkatan kurang lebih 900 ribu orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Eka memaparkan jumlah tersebut terbagi ke lima jenis moda transportasi, yaitu angkutan jalan raya, angkutan sungai dan penyebrangan, angkutan kereta api, angkutan laut, dan angkutan udara.

Angkutan jalan raya masih akan menjadi primadona di mudik Lebaran kali ini, seperti di tahun-tahun sebelumnya. Organda memprediksikan 5,8 juta pemudik yang akan menggunakan moda transportasi ini.

Penggunaan moda angkutan udara diprediksikan akan meningkat dibandingkan tahun 2013. Prediksi Organda, 4,1 juta pemudik akan berpergian menggunakan pesawat.

Sementara itu, jumlah penggunaan kendaraan pribadi diprediksi juga akan meningkat. Sebanyak 1,7 juta mobil pribadi dan 2,3 juta sepeda motor disinyalir bakal memenuhi jalan raya.

Kendaraan pribadi, menurut Eka, adalah angkutan yang paling mendominasi sistem transportasi Indonesia. Eka mengajak masyarakat untuk bersama-sama menurunkan masifnya penggunaan kendaraan pribadi pada musim mudik Lebaran nanti.

"Saya harap pemudik lebih memilih kendaraan umum," tandasnya.

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved