Breaking News:

204 Calhaj Tanjungpinang Ikuti Manasik

Kementarian Agama (Kemenag) Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar bimbingan manasik haji bagi 204 calon

Tribunnewsbatam.com/Candra P. Pusponegoro
Jabal Uhud atau Gunung Uhud letaknya sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Madinah, Arab Saudi. Di bukit inilah terjadi perang dahsyat antara kaum muslimin melawan kaum musyrikin Mekkah. Dalam pertempuran tersebut gugur 70 orang syuhada, di antaranya Hamzah bin Abdul Muthalib, paman Nabi Muhammad. Kecintaan Nabi Muhammad kepada para syuhada Uhud, membuat beliau selalu menziarahinya hampir setiap tahun. Untuk itu, Jabal Uhud menjadi salah satu tempat penting untuk diziarahi umat Islam saat umrah maupun haji. 

SERAMBIUMMAH.COM,TANJUNGPINANG - Kementarian Agama (Kemenag) Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar bimbingan manasik haji bagi 204 calon jemaah haji (CJH) Kota Tanjungpinang.

Acara tersebut bertempat di Aula Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Kamis (12/06/2014).

Kegiatan ini dibuat guna memberikan bekal pengetahuan dan wawasan terkait dengan manasik haji bagi calon jemaah haji Kota Tanjungpinang.

Mereka juga ditutuntut supaya bisa melaksanakan ibadah haji dengan benar, mandiri dan sempurna.

Kegiatan bimbingan manasik haji ini dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Haji Syahrul.

Dalam sambutannya, Syahrul mengatakan kepada semua calon jemaah haji pentingnya bimbingan manasik ini.

"Karena banyak hal yang perlu diketahui bagi para Calon Jemaah Haji. Diharapkan, para calon jamaah haji dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik agar nantinya setiba di sana semua bisa menjalankan ibdah dengan baik," anjur Syahrul

Sementara itu, H. Lukman Subekti Kepala bidang penyelenggaran haji dan umrah Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, mengatakan, Kemenag menjamin pembinaan, pelayanan dan perlindungan bagi calon jemaah haji.

Hal tersebut tertuang dalam UU Nomor 17 Tahun 1999 dan UU Nomor 13 Tahun 2008.

"Kita ketahui bahwa, setiap calon jemaah haji yang menunaikan ibadah haji pasti mendambakan haji yang mabrur."

Oleh karena itu, para calon jemaah haji perlu dibekali dan dibimbing melalui proses dalam bimbingan manasik haji yang diarahkan pada kemandirian, menuju kesempurnaan ibadah haji," sebutnya.

Menurutnya, tujuan bimbingan manasik haji ini adalah untuk memberikan pembinaan dan bimbingan sebaik-baiknya sehingga jemaah Kota Tanjungpinang dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam.

"Meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai teori, aspek, dan hukum-hukum haji serta memupuk ukhuwah dan kelompok sesama jemaah," sambungnya.

Terakhir menurutnya, kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari 12-14 Juni 2014, jemaah Kota Tanjungpinang tahun 1435 H/2014 M berjumlah 204 orang jemaah.

Terdiri dari, Kecamatan Tanjungpinang Barat 55 orang, Kecamatan Tanjungpinang Timur 60 jemaah, Kecamatan Tanjungpinang Kota 4 jemaah, dan Kecamatan Bukit Bestari 84 orang.

Berita Populer
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved