Rahasia Bugar Saat Berpuasa

Mudah lelah saat berpuasa meski tidak melewatkan santap sahur? Mungkin ada yang salah dengan menu sahur.

Rahasia Bugar Saat Berpuasa

SERAMBIUMMAH.COM - Mudah lelah saat berpuasa meski tidak melewatkan santap sahur? Mungkin ada yang salah dengan menu sahur. Ada beberapa jenis makanan 'rahasia' yang dapat menjaga kebugaran tubuh seharian.

Sejumlah makanan ini tidak hanya menambah bugar, tapi juga menyehatkan. Berikut beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi saat bulan Ramadan nanti:

Kurma
Kandungan dalam satu buah kurma sudah tidak diragukan lagi. Bahkan semasa hidupnya, Rasulullah kerap mengkonsumsi kurma segar dengan mentimun, mentega, krim atau roti. Sebagai hidangan penutup, kurma juga kerap dikonsumsi dengan mentega, keju, dan yoghurt.

Peneliti meyakini kurma kaya akan kandungan air dan gula yang mencukupi bagi setiap orang yang sedang berpuasa. Di Indonesia, umumnya kurma sudah dipasarkan dalam bentuk kering.

Minyak Zaitun
Ahli gizi dan pegiat diet di seluruh dunia menganjurkan penggunaan minyak zaitun, karena kandungannya yang baik untuk tubuh. Sejumlah penelitian membuktikan minyak zaitun sebagai anti-oksidan dan anti-inflamasi. Minyak zaitun biasanya digunakan untuk memasak atau pelengkap salad, roti, muffin, kue hingga pizza.

Gandum
Gandum tergolong sebagai salah satu dari lima makanan tersehat untuk dikonsumsi setiap hari. Penelitian terbaru membuktikan gandum memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dengan kadar indeks glikemik yang sangat rendah sehingga memudahkan proses pencernaan dan memberi rasa kenyang lebih lama.

Tepung Gandum
Jenis makanan satu ini mungkin kurang familiar bagi umat muslim Tanah Air. Sawiq merupakan kaldu yang terbuat dari gandum. Kebanyakan bangsa Timur Tengah mengolah sawiq sebagai sup yang dikonsumsi dengan roti.

Sup Gandum dengan Sayuran dan Daging
Tharid merupakan gandum yang dimasak hingga menjadi bubur. Menu masakan ini biasanya dilengkapi dengan daging dan sayuran yang dimasak secara bersamaan hingga memberi rasa gurih.

Talbinah (Gandum Olahan)
Menu masakan khas Timur Tengah ini merupakan bubur yang menggunakan campuran gandum dan susu. Selama bulan Ramadan, gandum dipakai sebagai bahan baku sup dan kaldu. Sedangkan tepung gandum biasanya dipakai sebagai bahan baku roti yang diolah menjadi biskuit, muffin, roti, dan sereal.

Madu
Makanan yang dihasilkan oleh lebah ini telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Madu diketahui mampu menignkatkan kekebalan tubuh, sebagai sumber energi dan anti-inflamasi. Rasanya yang manis membuat madu kerap dihidangkan sebagai tambahan untuk teh, jus, susu, sereal, dan pengganti gula.

Anggur dan Kismis
Anggur merupakan buah yang kaya akan resberatrol dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan flavonoid baik untuk menurunkan kadar lemak dan kesehatan jantung. Sedangkan kismis yang merupakan anggur yang dikeringkan yang dipakai untuk campuran kue, muffin, dan roti.

Anggur dapat disajikan sebagai bagian dari salad atau makanan penutup. Sedangkan kismis dimakan dengan kacang dapat dinikmati sebagai camilan sehat setelah shalat Taraweh. 

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved