Breaking News:

Masjid Al Iksan Diperjuangkan Ulama

SEBUAH ruangan berukuran 15x5 meter berwarna putih berbahan keramik dan permadani berwarna hijau menimbulkan kesan sejuk

Penulis: Hari Widodo | Editor: Sigit Rahmawan Abadi
serambiummah.com/hari widodo
Masjid Al Ikhsan Martapura 

SERAMBIUMMAH.COM,MARTAPURA - SEBUAH ruangan berukuran 15x5 meter berwarna putih berbahan keramik dan permadani berwarna hijau menimbulkan kesan sejuk di Masjid Al Iksan, Kelurahan Keraton,Martapura Kota. Hiasan kaligrafi di bagian dinding dekat tempat imam menambah keindahan masjid itu.

Selasa (17/6/2014) malam, puluhan umat muslim berkumpul di masjid tersebut. Mereka antusias mendengarkan pengajian yang disampaikan ustadz H Puadi asal Tambak Anyar. Ruangan Masjid Al Iksan berkonstruksi dua lantai ini memang terasa sejuk sehingga membuat umat muslim yang beribadah di dalamnya menjadi betah.

Masjid Al Ikhsan sejak naik status 15 tahun silam memang menjadi pusat kegiatan keagamaan bagi warga Keraton dan sekitarnya. Selain diisi dengan kegiatan pengajian Masjid berlantai dua ini, juga setiap pekannya juga ramai dengan kegiatan remaja Masjid berupa maulid habsy.

Masjid Al Ikhsan berlokasi di Jalan Veteran RT 3 Kelurahan Keraton persis di samping RSUD Ratu Zalecha. Masjid ini, dikejauhan sudah bisa terlihat dengan Satu kubah berukuran besar berwarna biru serta kubah kecil di sudut bangunan menambah indah bangunan masjid kebanggaan warga Jalan Veteran ini.

Keindahan Masjid ini dari dalam pun kian terasa dengan empat pilar yang menjulang menopang kubah besar ditengah ruangan masjid. Di bagian tempat imam, dipasang ornamen berupa hiasan tanaman merambat dengan daun-daun bertuliskan kaligrafi Asmaul Husna. Begitu pula, di dinding lantai II juga terdapat hiasan kaligrafi Ayat Kursi.

Masjid Al Ikhsan sejak sebelum berdiri penuh dengan perjuangan untuk membangunnya. Panitia Masjid harus mendapatkan dukungan dan restu dari sejumlah ulama sebelum mewujudkannya menjadi masjid megah seperti sekarang ini.

Menurut Ketua Pengurus Masjid Al Iksan, H Usman Effendi, masjid Al Ikhsan tadinya hanya berupa langgar kecil berdinding papan yang dibangun tahun 1970 an. Dulu sewaktu langgar, namanya Darul Ikhsan.

"Seiring dengan waktu, langgar ini pun kemudian direhab menjadi sebuah langgar berdinding beton,"kata Usman.

Berita Populer
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved