Sejarah Arsitektur Islam di Bangunan Ikonik Dunia

Seni Islam berkembang sejak 1300 tahun yang lalu. Sejarah seni dan arsitektur Islam yang monumental tersebar di berbagai

Editor: Edinayanti
anaandanton.com
Sejarah Arsitektur Islam di Bangunan Ikonik Dunia Alhambra, Istana Sekaligus Benteng Yang Megah Bagi Bani Ummayyah 

SERAMBIUMMAH.COM - Seni Islam berkembang sejak 1300 tahun yang lalu. Sejarah seni dan arsitektur Islam yang monumental tersebar di berbagai belahan dunia dan mulai muncul di Jazirah Arab pada abad ketujuh.

Garis geometris, kaligrafi dan tumbuhan adalah tiga pola utama dalam seni Islam. Ketiganya sering digambarkan sebagai suatu obyek yang abstrak. Desain abstrak ini tidak hanya sebagai penghias permukaan arsitektur Islam, tetapi juga berfungsi sebagai elemen dekoratif pada sejumlah objek. Kaligrafi juga menjadi elemen dekoratif yang penting dan sangat dihormati dalam arsitektur Islam.

Arsitektur Islam juga mengenal kubah yang menjadi unsur penting dalam seni bangunan Islam, terutama masjid. Interior kubah biasanya dihiasi dengan bunga, garis geometris dan pola lainnya.

Selain kubah, fitur penting dari seni arsitektur Islam adalah gambar mosaik geometris dan abstrak. Selain diaplikasikan pada bangunan, mosaik juga muncul dalam bentuk lainnya, misal yang terbuat dari gelas atau kaca seperti piring dan mangkuk.

Saat kerajaan Islam diperluas ke Barat dan Timur, arsitektur Islam dipengaruhi arsitektur lokal dan juga dipengaruhi oleh budaya dan wilayah di mana Islam disebarkan. Arsitektur Islam mencakup berbagai bentuk seperti masjid, makam, istana dan benteng yang tersebar di seluruh dunia. Namun sebagian besar bangunan ikonik muslim berbentuk masjid.

Salah satu masjid besar pertama dibangun pada tahun 600 Masehi, yakni Dome of the Rock di Yerusalem. Kemudian di akhir tahun 700 Masehi, kerajaan-kerajaan Islam di Afrika Utara dan Spanyol (Andalusia) membangun banyak masjid monumental.

Hal itu berlanjut di Baghdad, Irak pada tahun 800 Masehi. Bangunan besar terakhir yang dibangun oleh kerajaan Islam adalah Istana Sultan Ottoman di Istanbul, Turki yang dibangun pada tahun 1400an.

  • Berita Populer

    Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved