Mengapa Harus Meminta Doa pada Ibu?

Sebaliknya, bila ibu terlanjur mengutuk anak, maka sungguh malang anak yang terkena kutuk orang tuanya.

Mengapa Harus Meminta Doa pada Ibu?

SERAMBI UMMAH.COM - KEDEKATAN anak dengan ibu dan lebih seringnya anak berani menentang kepada ibu daripada bapak adalah dua keadaan yang bisa saja mendorong ibu untuk mendoakan anak menjadi lebih baik dan meraih kesuksesan di kemudian hari, atau sebaliknya, sang ibu membiarkan anak hidup sengsara dan tak mau memaafkan kesalahan sang anak bila sang anak terlanjur durhaka.

Bahkan, sang ibu malah mendoakan keburukan bagi anaknya dengan kutukannya, seperti yang terjadi pada diri Juraij dalam kisah klasik Arab dan Malin Kundang dalam kisah anak dari ranah Minang.

Orang tua, khususnya ibu, memiliki senjata ampuh, yaitu doa. Bila ia selalu mendoakan kebaikan bagi anaknya, maka insya Allah anak akan baik. Sebaliknya, bila ibu terlanjur mengutuk anak, maka sungguh malang anak yang terkena kutuk orang tuanya. Oleh karena itu, anak seharusnya berhati-hati dalam menjaga hubungan baik dengan ibu dan bapak. Berbakti dan berbuat baik haruslah diutamakan dengan sebaik-baiknya. Kemudian, orang tua juga harus menyadari bahwa anak-anak yang dilahirkan itu tidak akan berwatak sama.

Di antaranya anak-anak yang dilahirkannya, ada anak yang berwatak keras dan suka bersikap kasar pada orang tua. Disini ibu sangat diuji kesabarannya, yakni jangan lekas mudah mengeluarkan kata-kata kutukan karena kesalnya terhadap anak, seperti mengatakan “Dasar itu anak monyet, dasar anak setan,” dan yang semacamnya. Sebab, doa kebaikan atau keburukan orang tua kepada anak adalah salah satu doa yang didengar Allah SWT.

Jika kita sebagai seorang anak dapat membahagiakan hati ayah dan ibu, maka akan turunlah rahmat Allah kepadanya. Perasaan semacam ini sudah tertanam dalam diri setiap anak dan merupakan fitrah bagi seluruh anak di dunia ini, sebagaimana fitrah kasih sayang yang tertanam dalam diri setiap ibu. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved