11 Rakaat Terasa Lebih Khusyuk

Secara berombongan dengan keluarga, Cholifah datang ke Masjid Aljihad Banjarmasin, Sabtu (28/6/2014) malam.

11 Rakaat Terasa Lebih Khusyuk
srambiummah.com/yayu fathial
Sejumlah anak muda memiliih nongkrong di siring Sabilal Muhtadin saat yang lain Salat Tarawih, Sabtu (28/6/2014)

SERAMBIUMMAH.COM,BANJARMASIN - Secara berombongan dengan keluarga, Cholifah datang ke Masjid Aljihad Banjarmasin, Sabtu (28/6/2014) malam. Tujuannya untuk menunaikan ibadah sunat Salat Tarawih berjemaah.

Bagi Ifah, sapaan akrabnya, Salat Tarawih di Masjid Aljihad sudah menjadi tradisi rutin bersama keluarga di bulan puasa. Selain tempatnya yang luas dan nyaman, salat dengan 11 rakaat membuat dia lebih khusyuk.

"Memang salat di sini agak jauh namun kami tetap memilih di sini karena kami merasa lebih nyaman, meski di dekat rumah kami ada juga masjid atau musala terdekat yang menggelar Tarawih," ujar warga Jalan Teluk Tiram Darat Rt 02.

Bagi Ifah, Salat Tarawih 11 rakaat atau lebih bukan menjadi hal yang perlu diperbesarkan. Dia memilih 11 rakaat karena dianggap lebih khusyuk.

"Keluarga kami bukan dari ormas mana pun. Kami merasa dengan tarawih 11 rakaat bisa lebih khusyuk karena salatnya pelan dan panjang," ujar dia.

M Yamin lebih senang memilih tarawih yang 23 rakaat karena kebanyakan warganya melaksanakan Salat Tarawih berjemaah dengan rakaat 23.

"Saya ikut orang banyak saja. Bagi saya, Salat Tarawih berapa rakaat pun tidak masalah, yang penting dikerjakan," ujar warga Sultan Adam Banjarmasin ini.

Ulama Banua, Rahmadi menjelaskan, salat Tarawih adalah salat sunnah muakkad yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan dalam Islam. Salat sunnah hanya ada dan dikerjakan di waktu bulan Ramadan.

Rahmadi menambahkan, dalam pelaksaannya, Salat Tarawih tidak perlu ada pertentangan ataupun saling menyalahkan dalam jumlah rakaatnya.

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved