Jokowi Salat Tarawih Perdana di Masjid Ali Akbar

Calon presiden Joko Widodo memilih Masjid Ali Akbar di Desa Sidosermo Dalem, Wonotolo, Surabaya, Jawa Timur,

Jokowi Salat Tarawih Perdana di Masjid Ali Akbar
KOMPAS.com/Fabian Januarius Kuwado
Calon presiden Joko Widodo menunaikan ibadah tarawih pertama di Masjid Ali Akbar, Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (28/6/2014). 

METROBANJAR.CO,SURABAYA - Calon presiden Joko Widodo memilih Masjid Ali Akbar di Desa Sidosermo Dalem, Wonotolo, Surabaya, Jawa Timur, untuk menunaikan ibadah Salat Tarawih pertamanya, Sabtu (28/6/2014) malam. Masjid itu berada di kawasan pesantren tertua di kota pahlawan itu.

Jokowi datang ke masjid sekitar pukul 18.45 Wib. Dengan baju koko putih dan peci hitam, Jokowi disambut oleh kiai pondok pesantren.

Tidak ada warga yang mengetahui kedatangan Jokowi. Suasana kedatangannya pun jauh dari sorak-sorai seperti biasanya. Jokowi lalu mengambil posisi salat di saf ketiga dari depan. Jokowi berbaur dengan warga setempat.

Sementara itu, di luar masjid, kabar kedatangan Jokowi menyebar dari mulut ke mulut. Anak-anak paling terpengaruh. Dari luar masjid, mereka pun meneriakkan nama Jokowi.

Hingga pukul 20.17 WIB, Jokowi masih melaksanakan Salat Tarawihnya. Umat Islam yang melaksanakan Salat Tarawih pertamanya mengisi tiga per empat ruangan masjid.

Menurut warga setempat, masjid itu berada di kawasan pesantren tertua di kota pahlawan, yakni Pondok Pesantren Annajiyah. Masjid itu diambil dari nama seorang pahlawan kemerdekaan sekaligus tokoh agama bernama Ali Akbar.

Setelah meninggal, jasad Akbar dibawa ke Belanda dan dimakamkan di sana. Sementara, sang anak, Ali Ashor dimakamkan tidak jauh dari masjid dan ponpes tersebut.

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved