Kubah Masjid Ar-Raudhah Tanpa Tiang

Unik dan menarik, itulah Masjid Ar-Raudhah, di Jalan Ratu Zalekha Banjarmasin Timur Banjarmasin.

Penulis: Jumadi | Editor: Edinayanti
serambiummah.com/jumadi
masjid ar raudhah 

SERAMBUMMAH.COM -  Unik dan menarik, itulah Masjid Ar-Raudhah, di Jalan Ratu Zalekha Banjarmasin Timur Banjarmasin. Masjid yang dulunya berbentuk rumah Banjar kini dibangun permanen dan memiliki halaman depan yang cukup luas.

Kubah masjid menjulang tinggi terbuat dari beton. Sedangkan bagian tengah kubah tak bertiang. Bagian dalam kubah berwarna awan, sehingga lebih enak dipandang.

Masjid yang letaknya persis di jalan utama ini, di sekelilingnya menggunakan pagar permanen. Rumah-rumah mewah tampak terlihat di sekeliling masjid. Walau masjid ini hanya berlantai satu, bagian atasnya cukup tinggi, sehingga semua jamaah di dalam masjid tak merasa kepanasan.

Di beberapa bagian dalam masjid terlihat ornamen-ornamen yang bertuliskan Alquran. Sedangkan semua pintunya cukup tinggi dan besar, dengan bahan menggunakan kayu belangiran.

Pelaksana Harian Masjid Ar-Raudhah Kompleks Ratu Zalekha Banjarmasin, H Anang Matsih, S,Ag saat ditemui Minggu (29/6/2014) mengatakan, masjid ini kali pertama dibangun sekitar tahun 1982. Bentuk bangunan awal adalah berbentuk rumah banjar dengan bubungan tinggi. Fisiknya dari bahan kayu ulin.

Tahun demi tahun perlahan masjid ini dilakukan rehab. Rehap pertama sekitar 1990 an. Hingga saat ini masjid berdiri megah dan merupakan satu-satunya masjid di Kompleks Ratu Zalekha. Masjid ini mampu menampung sekitar 1.500 jamaah.

Halaman depan masjid mampu menampung sekitar 200 sepeda motor dan puluhan mobil. Masjid ini memiliki lebar sekitar 25 meter dan panjang sekitar 25 meter dengan tinggi bangunan sekitar 6 meter.  

Sumber: Serambi Ummah
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved