Breaking News:

Uniknya Tadarus dengan Alquran Raksasa

Kegiatan tadarus atau membaca Al Quran di Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi selama bulan Ramadhan tidak jauh beda dengan tadarus

surya/wahyu Nurdianto
Pengurus masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi Iwan Aziez Siswanto berdiri disamping Al Quran raksasa yang menjadi ikon masjid, Selasa (1/7/2014) 

TRIBUNNEWS.COM, BANYUWANGI - Kegiatan tadarus atau membaca Al Quran di Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi selama bulan Ramadhan tidak jauh beda dengan tadarus di masjid-masjid lain.

Beberapa orang mengaji bersama seusai salat tarawih hingga larut malam. Meski demikian ada hal unik dan menarik pada prosesi tadarus di masjid yang berada di pusat kota Banyuwangi ini.

Para qori atau pembaca Alquran melantunkan ayat-ayat suci dengan membaca Alquran raksasa berukuran besar.

Alquran yang ditempatkan di tengah-tengah masjid ini memang berukuran besar, yakni setinggi 210 sentimeter dan lebar 140 sentimeter.

"Karena besar, harus ada dua orang untuk membuka satu lembar halaman. Kalau satu orang pasti kerepotan," kata Iwan Aziez Siswanto, Seketaris Umum Masjid Baiturrahman, saat memperlihatkan Al Quran raksasa kepada Surya, Selasa (1/7/2014).

Iwan menjelaskan, dalam satu malam, para qori atau pembaca Alquran yang berjumlah tujuh orang ini bisa menyelesaikan minimal tiga juz.

"Harapannya, selama satu bulan puasa bisa khatam beberapa kali," kata Iwan.

Para qori ini membaca bergantian. Sedangkan yang lain serta seorang hafidz atau penghafal Al Quran menyimak atau meneliti bacaan agar tidak ada yang salah.

Selain dibaca saat bulan puasa seperti saat ini, Alquran yang dibuat pada 2010 ini juga selalu dibuka dan dibaca saat perayaan hari-hari besar Islam, seperti tahun baru Hijriyah.

Berita Populer
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved