Breaking News:

Mengunjungi Saksi Bisu Penyebaran Islam di Jakarta

Masjid yang terletak di Kampung Pulo Marunda RW 07 ini, sudah berdiri tegak hampir empat abad.

Warta Kota/Fitriandi Al Fajri
Masjid Al-Alam Marunda 

SERAMBIUMMAH.COM, JAKARTA --Bagi Anda yang ingin berwisata religi dengan menelusuri jejak perkembangan Islam di Jakarta, mungkin masjid Al-Alam Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara bisa menjadi pilihan. Masjid yang terletak di Kampung Pulo Marunda RW 07 ini, sudah berdiri tegak hampir empat abad.

Menariknya, masjid ini dibangun oleh sembilan wali selama satu malam dengan izin Tuhan Yang Maha Esa. Arsitekturnya mirip dengan masjid Demak, namun ukurannya lebih kecil yakni 10x12 meter.

Selain menjadi saksi bisu penyebaran Islam di Jakarta, masjid ini konon menjadi salah satu kisah heroik si Pitung ketika menuntut ilmu. Hal inilah yang membuat Masjid Al-Alam menjadi salah satu dari 12 objek destinasi wisata pesisir Jakarta Utara.

Medan magnet yang terpancar oleh masjid ini cukup kuat. Hingga kini peziarah dari luar negeri maupun domestik masih berkunjung ke masjid ini. Selain ingin memuaskan hasrat keingintahuannya, mereka juga hendak berziarah ke makam kramat KH. Jamiin sambil mengaji selama tujuh hari. Hal itu semata-mata berharap ridho Allah SWT.

Pengamatan Warta Kota pada Rabu (2/7/2014) menunjukkan, masjid itu berwarna putih. Setiap daun jendela dan pintunya dibuat dari bahan kayu jati yang dilapisi cat berwarna merah maroon. Suara peziarah yang sedang tadarus membuat masjid terasa hikmat ketika dikunjungi.

Berita Populer
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved