30 Juta Orang Akan Mudik Lebaran

Sekitar 30 juta orang yang akan bergerak mudik pada Lebaran 2014 atau Idulfitri 1435 Hijriah

30 Juta Orang Akan Mudik Lebaran
Warta Kota/angga bhagya nugraha
Calon pemudik melihat papan pengumuman ketersediaan tiket mudik tambahan lebaran 2014 di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Kamis (15/52014). PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mulai menjual tiket kereta tambahan Lebaran secara online. Tiket yang dijual untuk keberangkatan H-7 hingga H+7 Lebaran atau 21 Juli-5 Agustus 2014 langsung bisa dicetak. 

SERAMBIUMMAH.COM - Sekitar 30 juta orang yang akan bergerak mudik pada Lebaran 2014 atau Idulfitri 1435 Hijriah, kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono.

"Dari jumlah itu, 3-4 juta orang di antaranya akan mudik menggunakan angkutan laut," katanya di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Jumlah pemudik 2014 secara umum mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, namun angkanya tidak terlalu besar.

Menurut Bambang, dari 30 juta orang yang akan mudik untuk berlebaran tersebut tercatat 160.000 orang di antaranya akan keluar dari Pulau Kalimantan dengan tujuan Pulau Jawa.

Pada jalur mudik laut, pemerintah akan mengerahkan sedikitnya 1.200 armada untuk melayani seluruh pelabuhan yang ada di Indonesia.

Jika dilihat dari segi kapasitas dan jumlah kapal yang dikerahkan sudah memadai dan cukup, namun pada saat-saat tertentu terjadi puncak mudik jumlah tersebut masih kurang.

"Sejumlah persiapan telah kami lakukan dan salah satunya adalah dengan meninjau atau melihat langsung kesiapan pelabuhan yang akan digunakan mudik lebaran," katanya.

Untuk harga tiket, pemerintah memastikan tidak ada kenaikan atau sama dengan tahun sebelumnya dan hal itu berlaku di seluruh Indonesia.

Editor: Edinayanti
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved