Adab Terhadap Alquran

Memang dalam hal keduniawian mereka adalah pakarnya, akan tetapi dengan kitab sucinya sendiri

Adab Terhadap Alquran

SERAMBI UMMAH.COM – Bulan Ramadhan adalah bulan Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an adalah amalan yang paling mudah dan membuahkan pahala yang berlimpah. Sungguh beruntung jika ada yang dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Ibarat orang yang berdagang dan mampu memanfaatkan momen yang ada.

Namun, dibalik berlimpahnya pahala dan kemudahan dalam mendapatkannya, ini menjadi sebuah momok bagi beberapa orang yang mengaku beragama Islam tetapi tidak konsisten dengan keislamannya. Memang dalam hal keduniawian mereka adalah pakarnya, akan tetapi dengan kitab sucinya sendiri, yang seharusnya menjadi pedoman hidup malah mereka acuhkan. Sungguh pemandangan ironi yang mungkin akan kita dapati jika ada seorang Muslim yang tidak mengenal kitab sucinya sendiri. Namun, hal ini adalah fakta yang memang ada dan terjadi.

Sebenarnya bagaimanakah adab-adab seorang Muslim kepada Al-Qur’an itu?

Adab-adab seorang Muslim terhadap Al-Qur’an adalah

1. Meyakini bahwa Al-Qur’an itu benar dan tidak ada keraguan di dalamnya.

Allah berfirman,

Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (QS. Al-Baqoroh: 2)

Seseorang tidak akan mungkin mau melaksanakan atau menjadikan sesuatu sebagai pedoman sebelum yakin akan kebenaran dan tidak ada keraguan di dalamnya. Setiap Muslim harus yakin dan percaya bahwa Al-Qur’an adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui perantara malaikat Jibril. Setiap Muslim harus yakin bahwa tidak ada keraguan sedikitpun di dalam Al-Qur’an, karena Allah telah menjamin kemurnian Al-Qur’an dan Allah sendirilah yang akan menjaganya.

Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur’an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (QS. Al-Hijr: 9)

Keyakinan dan tidak adanya keraguan adalah adab pertama bagi setiap Muslim kepada Al-Qur’an.

Halaman
1234
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved