Breaking News:

Masjid Gede Kauman Jogja Sediakan Buka Puasa 1200 Porsi Gulai Kambing

Ibu tersebut sedang menyiapkan makanan istimewa yang biasa dibagikan setiap hari Kamis sore di bulan Ramadan, yaitu takjil gulai kambing.

Editor: Halmien
TRIBUN JOGJA
Seorang ibu tengah menyiapkan gulai kambing yang akan dibagikan kepada jamaah masjid Gede Kauman untuk berbuka puasa. 

SERAMBI UMMAH.COM, YOGYA - Selepas salat Ashar, di serambi Masjid Gede Kauman Yogyakarta tampak seroang ibu tengah sibuk menyiapkan ratusan piring yang di atasnya diletakan sebuah bungkusan.

Ibu tersebut sedang menyiapkan makanan istimewa yang biasa dibagikan setiap hari Kamis sore di bulan Ramadan, yaitu takjil gulai kambing.

Tradisi berbuka puasa dengan gulai kambing telah berlangsung sejak lama. Gatot Supriyanto, selaku Humas Takmir Masjid Kauman menjelaskan, tradisi ini bermula dari orang zaman dahulu yang mengadakan akikah yang diserahkan kepada masjid.

“Dahulu orang melakukan akikah pada hari Kamis, karena hari tersebut dianggap hari baik. Setiap warga maupun kiai Kauman yang pada bulan Ramadan mengadakan akikah, sebagian daging kambingnya untuk berbuka puasa jamaah masjid,” terang Gatot.

Hal tersebut berlangsung terus menerus hingga menjadi tradisi. Seiring perkembangan zaman, takjil gulai kambing yang dahulunya hasil sumbangan orang yang mengadakan akikah, lambat laun akhirnya disokong oleh para donatur. Setiap tahun, jumlah donatur terus bertambah.

Dulunya gulai kambing dimasak oleh warga kauman di sekitar Masjid. Seiring terus bertambahnya jumlah jamaah yang berbuka puasa di Masjid Gede Kauman, hal tersebut tidak bisa terus dilakukan. “Saat ini kita bekerjasama dengan katering untuk menyiapkan gulai kambing,” tambah Gatot.

Setiap Kamis, pihak Masjid Gede Kauman menyiapkan 1.200 porsi gulai kambing. Jamaah yang berbuka puasa di Masjid Kauman tidak hanya warga Kauman. Karena besarnya jumlah donasi dari masyarakat, takjil gulai kambing saat ini tidak hanya diadakan pada hari kamis saja.

Berita Populer
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved