Cegah Tumbuhnya Sifat Matre dalam Diri Anak

Bicara mengenai lifestyle, kehidupan di kota besar memang tak bisa dilepaskan dengan mudah dari adanya aktivitas gaya hidup yang serba wah.

Cegah Tumbuhnya Sifat Matre dalam Diri Anak
net
ilustrasi anak matre 

SERAMBIUMMAH.COM - Bicara mengenai lifestyle, kehidupan di kota besar memang tak bisa dilepaskan dengan mudah dari adanya aktivitas gaya hidup yang serba wah. Biaya hidup di kota besar saja sudah sangat tinggi, masih ditambah dengan tingkat gaya hidup dan pengeluaran untuk kebutuhan ‘lain-lain’ yang juga tinggi. Tentu memerlukan pendapatan dengan jumlah yang tidak sedikit.

Besarnya biaya hidup di kota besar juga dapat membuat anak menjadi lebih matre. Biasanya kata matre digunakan untuk mendeskripsikan sifat orang yang cenderung hanya memikirkan uang, dan bahkan sering digunakan untuk melabeli seseorang yang suka memanfaatkan keadaan financial orang lain untuk memenuhi kebutuhan pribadinya.

Namun, ada juga definisi yang lebih netral atau bahkan lebih positif mengenai kata matre, yaitu sifat seseorang yang menginginkan penghidupan yang lebih baik dan lebih mapan secara finansial, dan berusaha atau bekerja keras demi mendapatkan penghasilan yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan hidup tersebut.

Nah, lalu apa hubungan besarnya biaya hidup di kota besar dengan sifat matre pada anak?

Tidak seperti orang dewasa yang dapat bekerja keras banting tulang untuk mendapatkan penghasilan demi mendukung kebutuhannya dan kebutuhan keluarganya, anak-anak cenderung lebih mengandalkan orang tua dalam hal keuangan karena belum layak atau pantas dipercaya dalam melakukan suatu pekerjaan. Selain itu, anak-anak perlu bersosialisasi dan bergaul dengan teman-temannya.

Kebutuhan dan kepentingannya dalam pergaulan ini pun memerlukan biaya yang cukup besar ketika kita hidup di kota besar. Karena itulah, anak-anak cenderung lebih memikirkan uang dan menjadi matre karena merasa memerlukan uang tersebut untuk bisa hidup dalam kehidupan ideal ala kota besar.

Apalagi, anak-anak remaja pun cenderung pilih-pilih dalam berteman, maunya bergaul dengan yang berada dalam satu ‘level’ dari segi finansial saja supaya bisa sering hang-out bareng.

Tuntutan lifestyle, tuntutan dalam pergaulan, tuntutan hidup ideal yang diinginkan anak inilah yang menjadikan anak kota besar lebih matre dan lebih sering memikirkan uang dan harta kekayaan, bila dibandingkan dengan anak-anak yang besar dan hidup di kota kecil atau pedesaan. (prc)

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved