Waspada, Inilah yang Jadi Pemicu Ketidakharmonisan dalam Keluarga

Menikah, berkeluarga, serta hidup bahagia dengan seluruh anggota keluarga.Perempuan mana yang tak mendambakan hal-hal tersebut?

Waspada, Inilah yang Jadi Pemicu Ketidakharmonisan dalam Keluarga
net
ilustrasi 

SERAMBIUMMAH.COM - Menikah, berkeluarga, serta hidup bahagia dengan seluruh anggota keluarga.Perempuan mana yang tak mendambakan hal-hal tersebut? Tak bisa dipungkiri, merupakan suatu impian tersendiri bagi setiap perempuan untuk mencintai dan dicintai.

Namun, meski banyak sekali pasangan telah berhasil menikah dan menjalani bahtera kehidupan yang baru yaitu kehidupan rumah tangga, tak sedikit yang mengalami masalah dalam prosesnya dan terjebak dalam keluarga tidak harmonis. Mengapa hal ini dapat terjadi?

Sebagai manusia, banyak problema atau masalah yang timbul ketika kita berhubungan dengan orang lain. Hal ini pun berlaku bagi anggota keluarga kita sendiri. Apa saja pemicu ketidakharmonisan dalam keluarga?

Kurangnya komunikasi antaranggota keluarga

Komunikasi merupakan hal terpenting yang harus ada dalam membina sebuah keluarga yang harmonis. Pasalnya, masalah sekecil apapun tak akan bisa terselesaikan dengan cepat dan dengan baik tanpa adanya komunikasi antar individu-individu yang memiliki masalah.

Kurangnya atau bahkan hilangnya komunikasi antar anggota keluarga dapat memiliki dampak yang besar pada munculnya keluarga tidak harmonis, entah itu antara suami dan istri atau antara orang tua dan anak-anak mereka.

Masalah ekonomi

Gaji kita lebih besar dari suami? Atau, keluarga sedang dilanda masalah ekonomi? Jangan jadikan penghasilan kita sebagai alat untuk bersikap superior terhadap suami karena laki-laki tak suka direndahkan, dan hal ini dapat menimbulkan masalah.

Jika muncul masalah ekonomi dalam keluarga, ada baiknya anggota keluarga saling membantu dan memberi dukungan, sehingga keharmonisan keluarga dapat dipertahankan.

Munculnya sikap gengsi dan superioritas

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved