Ketahui Kecukupan Gizi Anak Sejak Dini

Setiap anak membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Ketahui Kecukupan Gizi Anak Sejak Dini
perempuan.com
gizi anak 

SERAMBIUMMAH.COM - Setiap anak membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk proses pertumbuhan dan perkembangannya. Status gizi merupakan suatu ukuran untuk penilaian kebutuhan gizi sang anak yang disesuaikan dengan tahap umurnya. Status gizi pada dasarnya digunakan untuk meneliti tentang kondisi seorang anak apakah gizi yang dibutuhkannya terpenuhi ataukah belum.

Hal ini dilakukan dengan melihat pertumbuhan fisik yang dialami oleh sang anak dengan melihat tinggi badan, berat badan, lingkar lengan, serta lingkar kepala anak. Dari hasil pengukuran tersebut dapat diketahui apakah hasilnya normal, di bawah normal, ataukah di atas normal. Pada dasarnya untuk melihat kecukupan gizi yang dialami oleh sang anak sangatlah mudah dilakukan.

Status gizi anak dikatakan normal apabila asupan gizi yang terdapat dalam menu makanan yang dikonsumsi setiap harinya sangat memadai yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh anak serta umurnya. Dalam hal ini yang diutamakan bukanlah porsi makanan, akan tetapi proporsi zat gizi beserta kelengkapan suatu zat gizi yang amat dibutuhkan oleh sang anak sesuai dengan umurnya.

Kebutuhan gizi tersebut haruslah diberikan secara seimbang. Untuk mengetahui apakah status gizi anak normal ataukah tidak, kita bisa menggunakan berat badan anak dalam kilogram serta tinggi badan yang dimilikinya dalam ukuran centimeter. Berat badan dibagi dengan tinggi badan yang dipangkatkan dua. Kemudian hasilnya kita pasangkan dengan suatu grafik yang sudah ditentukan dalam ilmu kesehatan gizi.

Supaya setiap anak mendapatkan asupan gizi yang cukup dan ideal, hal yang harus dilakukanadalah dengan menyesuaikan porsi makan yang memadai berdasarkan tahapan usianya dimulai sejak dini. Berapapun umur anak tersebut kelengkapan serta kecukupan gizinya haruslah terpenuhi. Mungkin saja terjadi suatu fenomena saat ini status gizi anak dalam keadaan normal, namun bisa juga status gizi sang anak kedepannya mengalami kelebihan ataupun kekurangan.

Untuk menghindari status gizi anak yang terbilang tidak normal, sang ibu senantiasa harus menghadirkan asupan makanan yang memadai sesuai dengan umurnya. Apabila sang anak mengalami pertambahan berat badan yang tidak ideal, maka asupan gizi yang diterimanya melebihi jatah kebutuhan tubuhnya.

Begitu juga sebaliknya, apabila anak terus mengalami penurunan berat badan setiap harinya, maka kebutuhan gizi tidak memadai dengan yang dibutuhkan tubuhnya. Akan tetapi fenomena tersebut bisa jadi sebuah sinyal yang menandakan bahwa di dalam tubuhnya terdapat suatu gejala penyakit yang membutuhkan penanganan yang lebih lanjut.

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved