Breaking News:

Masjid Unik, Berlapis Tanaman Indah

Kaum muslim di penjuru dunia mungkin sudah akrab mendengar nama Masjid Biru di Istanbul, Turki

Editor: Edinayanti
www.euroasianews.com
Dari luar, konstruksi masjid ini tak tampak. Sebab, dinding-dindingnya dilapisi dengan tanaman ivy. Setiap jamaah yang datang, pasti akan merasa sejuk dan khusyuk dalam beribadah 

SERAMBIUMMAH.COM - Kaum muslim di penjuru dunia mungkin sudah akrab mendengar nama Masjid Biru di Istanbul, Turki, yang spektakuler. Tapi, sejatinya masih banyak masjid unik dan indah yang layak dikunjungi di Turki.

Salah satunya adalah Masjid Yesil alias Masjid Hijau. Masjid ini terletak di area Adana, Turki bagian selatan, di pinggir Sungai Seyhan, atau sekitar 20 kilometer dari Laut Mediterania.

Masjid Hijau ini sungguh unik. Dari luar, konstruksi masjid ini tak tampak. Sebab, dinding-dindingnya dilapisi dengan tanaman ivy, sejenis tumbuhan merambat. Masjid ini juga memiliki taman yang ditumbuhi oleh bunga warna-warni.

Taman inilah yang diyakini mampu memberi ketenangan dalam beribadah. Para jamaah yang bertafakur di masjid ini dipastikan nyaman dan sejuk meski di musim panas. Sehingga bisa beribadah dengan khusyuk.

Menara Masjid Hijau unik. Bentuknya boleh sama-sama menjulang, sama dengan menara pada masjid-masjid lainnya. Tapi, menara Masjid Hijau dipenuhi dengan tumbuhan.

Daun-daun tumbuhan merambat benar-benar menutupi konstruksi menara itu. Sehingga, menara itu lebih tampak seperti tumbuhan hijau yang hidup.

Ternyata, selain menambah keindahan masjid dan menambah kesejukan suasana, tumbuhan ivy ini punya fungsi lain. Yaitu melindungi konstruksi bangunan dari kerusakan.

Ketua takmir Masjid Hijau, Kadir Or, mengatakan, masjid ini tidak pernah dipugar sekalipun sejak dibangun pada 1965 silam. Dan tanaman ivy telah menjaga kebugaran bangunan masjid. (drc)

Berita Populer
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved