Tidak Ada ‘Ied Bagi Muslim Rohingya

Seno Ara, termasuk dari ribuan warga Rohingya yang melarikan diri dari kampung halamannya di Mondu

Tidak Ada ‘Ied Bagi Muslim Rohingya
Warta Kota/Henry Lopulalan
PENGUNGSI ROHINGYA - Siti Nuratika (1 thn) bersama keluarganya sebagai pengungsi Rohingya menempati salah satu sudut di Gedung LBH Jakarta DI Ponogoro, Menteng, Jakarta Pusat,Selasa (9/7/2013). Delapan belas korban kerusuhan etnis di Rohingnya, Myammar (sebagian besar perempuan dan anak-anak) meminta bantuan dan tinggal sementara di LBH Jakarta untuk mencari suaka ke Australia. 

SERAMBI UMMAH.COM, DHAKA – Ribuan pengungsi Rohingya yang kini berlindung d Bangladesh tidak mampu merasakan suka cita dan kegembiraan hari raya Idu Fitri. Tidak seperti kebanyakan kaum muslimin di berbagai belahan dunia, warga muslim Rohingya terpaksa “berlebaran” dengan duka dan nestapa.

“Kami tidak memiliki Idul Fitri, kami juga tidak bisa bergembira,” kata salah seorang pengungsi Rohingya, Seno Ara.

“Kami bahkan sama sekali tidak memiliki uang hanya untuk membeli kain baru,” ujarnya penuh kesedihan, seperti dikutip onislam, Senin (28/7/2014).

Seno Ara, termasuk dari ribuan warga Rohingya yang melarikan diri dari kampung halamannya di Mondu, Burma. Seno Ara melarikan diri bersama suaminya Irsyad Ullah dan dua orang anaknya. Sudah enam tahun Seno dan keluarga kecilnya menjalani hidup di kamp pengungsian di Bangladesh.

Enam tahun lalu, Seno dan keluarga kecilnya mengadu nyawa mereka dengan berperahu melewati sungai Naf, salah satu sungai di perbatasan Myanmar-Bangladesh. Keputusan untuk menjadi pengungsi pun nyatanya tidak membuat kehidupan mereka menjadi lebih baik.

Etnis muslim di Rohingya merupakan kelompok minoritas paling teraniaya di dunia, menurut data PBB. Mereka bahkan tidak diakui lagi sebagai warga negara semenjak terbitnya Undang-Undang di Myanmar pada 1982 yang menyebut bahwa etnis Rohingya bukan termasuk bagian dari warga Myanmar. (gic)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved