Breaking News:

Jemaah Umrah Sumbang Rp 18 Triliun ke Saudi

Setelah sibuk dengan berbagai aktivitas Ramadan dan Idul Fitri, pengelola kota suci Mekah, Arab Saudi langsung kembali

Editor: Edinayanti
Jemaah Umrah Sumbang Rp 18 Triliun ke Saudi
net

SERAMBIUMMAH.COM - Setelah sibuk dengan berbagai aktivitas Ramadan dan Idul Fitri, pengelola kota suci Mekah, Arab Saudi langsung kembali disibukan dengan persiapan kegiatan akbar, ibadah haji dan umrah. Meski ekstra sibuk, aktivitas tahunan ini menyumbang pemasukan ekstra besar bagi penduduk Arab Saudi.

Kepala Komite Transportasi di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Mekah, Arab Saudi mencontohkan musim umrah tahun ini diperkirakan menyumbang perekonomian lokal sebesar 6 miliar riyal atau Rp 18,82 triliun.

Kepada harian Al-Watan, Saad Al-Qurashi mengatakan pendapatan tersebut diantaranya berasal dari bisnis di bidang akomodasi, transportasi dan layanan makanan.

"Rata-rata pengunjung umrah menghabiskan sekitar 1.000 riyal. Total uang yang dihabiskan oleh jamaah umrah yang mengunjungi Mekkah lebih dari 6 miliar riyal. Hal ini menjadikan musim umrah menguntungkan setiap tahunnya," katanya seperti dikutip laman Saudigazette.com, Rabu, 6 Agustus 2014 .

Saad menjamin, pelaksanaan musim umrah tahun ini sangat baik dengan keluhan pelayanan secara signifikan menurun dari tahun lalu.

Tingkat hunian hotel bintang lima di daerah pusat Mekah diperkirakan telah mencapai 100 persen. Sementara akomodasi di sekitar wilayah Mekah mampu mencetak tingkat hunian rata-rata 60 persen.

"Biro jasa perjalanan haji dan umrah telah menjadi sangat berpengalaman sehingga mereka bisa menghindari kerugian. Mereka sudah bisa menangani hambatan yang mungkin mereka hadapi," katanya.

Berita Populer
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved