Bila Jodoh Tak Kunjung Datang

Masalah jodoh sudah diatur oleh Allah SWT. Untuk itu, masalah jodoh serahkan saja kepada Allah SWT.

Bila Jodoh Tak Kunjung Datang

SERAMBI UMMAH.COM - BERBICARA tentang jodoh, pasti yang kini masih melajang merasa hal ini sangatlah menyakitkan. Orang yang diidam-idamkan untuk melengkapi hidupnya tak kunjung datang. Tapi, kalian tidak usah khawatir. Masalah jodoh sudah diatur oleh Allah SWT. Untuk itu, masalah jodoh serahkan saja kepada Allah SWT.

Berikut beberapa nasihat bila jodoh tak kunjung datang dari Ust. Ihsan Hakim.

1. Niat dan usaha yang baik

Kalau kita berniat baik untuk mencari jodoh tidak cukup hanya sekedar niat. Tetapi harus diikuti dengan langkah-langkah atau usaha yang baik dalam mewujudkan niat tersebut. Seperti, mencari ilmu tentang perjodohan, perkawinan atau menabung untuk biaya pernikahan.

2. Tawakal kepada Allah SWT

Serahkan segalanya kepada Allah SWT. Tawakal itu harus berkhusnuzhon kepada Allah SWT. Pada dasarnya, Allah SWT menghendaki kita menikah. Karena menikah merupakan perbuatan baik. Tidak mungkin Allah menjerumuskan kita kepada hal-hal yang tidak baik. Kita sudah meniatkan untuk itu dan merasa sudah tawakal kepada Allah SWT. Tapi ternyata, kita lebih sering tidak khusnuzhon kepada Allah SWT. Padahal Allah SWT selalu menginginkan segala kebaikan kepada kita. Hanya kita tidak menyikapi kebaikan Allah SWT itu dengan baik.

3. Menjalankan amalan

Puasa sunnah. Tapi jangan niat puasa sunnah untuk mencari jodoh melainkan niatkan untuk beribadah kepada Allah. Sholat tahajjud dan banyak berdoa kepada Allah SWT. Dibolehkan menyebutkan amalan-amalan yang sudah dilakukan dalam doa kita. Misal, “Ya Allah semoga amal puasa yang sudah hamba lakukan, dapat menyegerakan jodoh yang terbaik menurut Engkau.” Banyak Istighfar. Banyak berinfak.

4. Jangan putus asa

Dan jangan pernah berputus asa. “Dan apabila Kami berikan kesenangan kepada manusia niscaya berpalinglah dia; dan membelakang dengan sikap yang sombong; dan apabila Dia ditimpa kesusahan niscaya dia berputus asa,” (QS. al-Israa:83). Berputus asa akan membuat kita terputus dari rahmat Allah SWT. Putus asa sering dipicu karena kita memiliki sedikit saja prasangka buruk kepada Allah SWT. Misalnya, seorang wanita sudah merasa Allah SWT menjadikan dia perawan tua, karena hingga usia yang sudah cukup matang namun jodoh masih tak kunjung tiba. Maka Allah pun menjadikannya seperti itu. Namun jika dia optimis, Allah SWT pasti akan menolongnya.

Halaman
12
Tags
hal jodoh
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved