Anda Bingung Menjaga Anak dari Jauh? Beginilah Caranya

Tapi, dalam melaksanakan kewajiban ini akan terasa sulit bila kita tidak ada disampingnya. Untuk itu, perlu bagi Anda

Anda Bingung Menjaga Anak dari Jauh? Beginilah Caranya

SERAMBI UMMAH.COM - MASUKI tahun ajaran baru setiap anak pasti telah memilih jalannya untuk melanjutkan jenjang pendidikan atau mencari pekerjaan. Bagi yang memilih melanjutkan pendidikan dan mencari pekerjaan di daerah yang sama seperti Anda tinggal, tentu tidak jadi masalah. Tapi, bagaimana bila anak Anda memilih untuk merantau ke luar kota? Bagaimana caranya agar tetap bisa menjaga anak dari jauh?

Menjaga anak merupakan suatu kewajiban bagi setiap orang tua. Tapi, dalam melaksanakan kewajiban ini akan terasa sulit bila kita tidak ada disampingnya. Untuk itu, perlu bagi Anda mengetahui cara yang baik menjaga anak dari jauh. Cara menjaga anak dari jauh adalah sebagai berikut:

1. Berpikirlah bahwa kini anak Anda telah dewasa, untuk itu Anda harus yakin bahwa dia tahu bagaimana menjaga dirinya dengan baik. Agar perasaan kita lebih tenang, maka sebelum berangkat berilah anak Anda masukan. Beri anak pengarahan mengenai menjaga diri dengan baik, terutama bagi anak perempuan Anda. Tapi, jangan menunjukkan kesan kekhawatiran Anda terhadap anak, karena hal ini dapat membuat semangat seorang anak menjadi berkurang.

2. Ingatkan pada anak agar dia menghubungi Anda mengenai keadaannya. Jangan biarkan anak Anda tidak memberi kabar sama sekali kepada Anda. Tidak perlu sesering mungkin, karena anak juga pasti memiliki kesibukan tersendiri. Yang penting ada komunikasi, walaupun hanya seminggu sekali.

3. Hindarkan pikiran Anda dari hal-hal negatif. Karena ini hanya akan membuat Anda pusing sendiri memikirkan hal yang belum pasti terjadi.

4. Ketauhilah bersama siapa dia di sana. Dan dengan siapa dia berteman serta bagaimana karakter teman-temannya itu. Karena biasanya, bila teman atau orang yang dekat dengan anak Anda itu baik, maka anak Anda juga akan berperilaku yang baik pula. Sehingga, rasa khawatir Anda akan berkurang.

5. Hal yang paling penting untuk Anda lakukan adalah pasrahkan semuanya kepada Allah SWT. Dengan berdo’a, mendekatkan diri kepada-Nya. Karena Dia-lah yang selalu melindungi anak Anda dimana pun dia berada. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved