Ingin Anak Gemar Baca? Coba Cara ini

Jadi agar si kecil tidak menjadi anak yang pemalas membaca, lakukanlah beberapa langkah penting berikut

Ingin Anak Gemar Baca? Coba Cara ini

SERAMBI UMMAH.COM - LAYAKNYA seperti belajar berjalan atau berbicara, mengajarkan gemar membaca pada buah hati sering kali menjadi ketegangan tersendiri bagi sebagian besar orangtua, karena setiap orangtua pastinya menginginkan anak-anak mereka agar dapat selalu tumbuh sehat, cerdas, dan pintar. Jadi agar si kecil tidak menjadi anak yang pemalas membaca, lakukanlah beberapa langkah penting berikut:

• Berikanlah contoh perilaku gemar membaca kepada anak, misalnya dengan menunjukkan kepadanya bahwa kita sebagai orangtuanya memiliki kesenangan untuk membaca, karena anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orangtua. Lakukanlah sebisa mungkin setiap harinya, agar anak mudah mengingat dan memahami apa yang telah dibacanya.

• Lakukanlah aktivitas membaca di mana saja, baik di dalam maupun di luar ruangan dan ciptakanlah suasana senyaman mungkin.

• Berikan anak kesempatan untuk memilih buku yang akan dibacanya. Hal ini akan membantu anak untuk lebih mudah tertarik pada buku bacaan. Alangkah lebih baik jika mengunjungi perpustakaan secara rutin untuk membantu proses pemilihan buku oleh anak agar menjadi lebih menyenangkan.

• Anak-anak bisanya akan lebih terpancing dengan gambar dan warna yang menarik, maka sebelum memilih buku yang akan dibaca, diskusikanlah bersama anak mengenai isi buku tersebut dengan terlebih dahulu membahas apa yang bisa terlihat dari sampul depan buku. Dan ajaklah anak untuk menebak kira-kira apa ya isinya berdasarkan gambar dan warna di sampul tersebut.

• Seringlah mengajak anak menonton film asing bersama, karena biasanya film asing memperlihatkan tentang seorang tokoh yang membacakan dongeng dengan menggunakan intonasi suara yang berbeda di setiap karakternya. Lakukanlah hal yang serupa, agar ia menjadi lebih tertarik.

• Tunjukkan gambar-gambar menarik ketika membacakan buku, karena gambar tidak hanya akan membuat anak lebih terpaku dengan isi buku, namun juga membantu mereka untuk memahami perilaku tokoh-tokohnya dan jalan ceritanya.

• Sampaikanlah pesan moral setelah membacakan buku dan berikan penekanan kata-kata penting yang bisa bermanfaat untuk anak.

• Cobalah menghubungkan kisah yang menarik di dalam buku dengan realita dalam kehidupan.

• Pancinglah sikap kritis anak terhadap isi buku dengan memberikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan isi buku tersebut. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved