Yakinkan Anak Agar Mandiri di Sekolah

Hari pertama masuk sekolah dasar (SD) menjadi momen menegangkan bagi kebanyakan anak

Yakinkan Anak Agar Mandiri di Sekolah
tribunnews.com
Hari pertama masuk SD 

SERAMBIUMMAH.COM,BANJARMASIN - Hari pertama masuk sekolah dasar (SD) menjadi momen menegangkan bagi kebanyakan anak. Karena itu, orangtua perlu memberi keyakinan kepada anak bahwa suasana di sekolah barunya tersebut tak kalah menyenangkan dibanding TK dulu.

"Seperti kebiasaan kakak-kakaknya, anak saya yang ketiga ditunggui dulu saat pertama kali masuk SD," ucap Ria, ibu tiga anak yang tinggal di Kompleks Sungai Andai,  Kecamatan Banjarmasin  Utara.

Ria sangat maklum anaknya itu tak bisa langsung ditinggal begitu saja. Soalnya pada jam istirahat pertama dan kedua yang dicari pasti orangtuanya. Mungkin karena hari-hari pertama, jadi belum kenal teman-teman barunya.
Dari pengamatan Ria, pelajaran anak-anak SD kelas satu tak jauh berbeda dengan di TK. Seperti belajar membaca dan menulis. Jadi adaptasi anak-anak ke pelajaran tak terlalu sulit. Yang perlu waktu itu sosialisasi dengan teman-teman barunya.

Namun begitu, Ria tak menunggu seharian di sekolah baru anaknya. Pada jam-jam istirahat saja dia datang ke sekolah. Sebab, kalau sudah jam pelajaran tentu menjadi tanggung jawab pihak sekolah.

"Sebagai orangtua saya yakin dan percaya sepenuhnya kepada pihak sekolah," kata Ria.

Dia menuturkan, kedua anaknya dulu cepat beradaptasi di SD. Tak sampai setengah bulan mereka sudah mandiri. Jadi tidak  perlu ditunggui terus. Ketemu anaknya hanya saat mengantar dan menjemput  saja.
Menurut Ria, dari segi umur anak-anak yang sudah masuk jenjang SD juga sudah lebih matang. Mereka akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru,  guru dan murid lainnya.

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved